View Single Post
Old 20th January 2015, 08:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Subsidi Elpiji 3 Kg Seharusnya Tiru BBM

Quote:
JAKARTA - Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) harus menggunakan mekanisme subsidi proporsional atau subsidi tetap pada sistem Elpiji 3 kilogram (kg). Hal tersebut lantaran subsidi Elpiji yang diberlakukan saat ini cukup besar serta memberatkan anggaran negara.
"Elpiji itu subsidi Rp46 triliun, Solar saja Rp17 triliun. Mayoritas beban APBN itu bukan karena subsidi BBM tapi justru karena subsidi Elpiji. Pemerintah jangan mengulangi kesalahan sama subsidi bahan bakar minyak (BBM). Makanya harus ada skema subsidi di Elpiji proporsional," ujar Pengamat ekonomi Iman Sugema di Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Iman berpendapat, hingga saat ini harga Elpiji dunia sedang mengalami penurunan harga. Sehingga, jika mekanisme subsidi direalisasikan maka harga tidak akan terlalu tinggi. Terlebih, mekanisme subsidi dibutuhkan untuk mengendalikan konsumsi.

"Pemerintah tidak bisa mengendalikan konsumsi. Impact secara kita tak sadari kenaikan subsidi bukan hanya harga, konsumsi yang terus meningkat. Tidak bisa dikurangi Pemerintah, subsidi proporsional lebih enak buat keamanan fiskal jangka panjang," imbuhnya.

Oleh karena itu, pemerintah diimbau untuk segera memberlakukan skema subsidi tetap, dikarenakan harga Elpiji dunia bernilai rendah. "Jadi skema subsidi tetap segera ditata dengan baik," katanya.

"Mumpung harga Elpiji dunia rendah. Kemarin 12 kg diturunkan kan. Harga beli Elpiji dunia sedang turun. Waktu yang baik melakukan reformasi subsidi migas," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links