View Single Post
Old 20th January 2015, 10:28 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Renang SEA Games Tunggu Kepastian ke Australia

Quote:

Para atlet renang pelatnas Asian games 2014 yang mengikuti SNAG 2014 di kolam renang Singapore Sports School, Singapura. dari kiri: Gde Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Ricky Anggawijaya dan Glenn Victor.
JAKARTA, Kompas.com - Tim renang Indonesia ke SEA Games 2014 Singapura, pekan ini menunggu kepastian apakah akan melanjutkan pelatnas di Australia.

Menurut pelatih nasional Albert C. Sutanto, pekan ini tim pelatih akan rapat dengan pengurus PP PRSI untuk memastikan hal ini. "Buat kami kepastian ini ini sangat kami butuhkan untuk menentukan target medali yang realistis di Singapura serta strategi untik mendapatkannya," kata Albert di Jakarta, Senin (19/01/2015).

Besaran target medali tersebut sangat tergantung kepada apakah pemerintah berkomitmen untuk membantu atlet mencapai hasil maksimal di Singapura. "Bila komitmen untuk membantu dalam hal pendanaan juga setengah hati, sulit berharap para atlet dapat tampil maksimal di Singapura," ungkap Albert.

Menurut Albert lagi, sebenarnya persiapan tim Indonesia sudah jauh tertinggal di banding negara-negara pesaing yang akan berlaga di Singapura, Juni nanti. "Singapura dengan pelatih baru mereka, Sergio Lopez telah memulai program latihan mereka pada awal Januari lalu. Bahkan mereka akhir bulan ini mulai memasuki tahapan latih tanding dengan melakukan try out."

Sementara untuk program latihan timnas Indonesia, tim pelatih sebenarnya sudah meyusun rencana untuk memulainya paling lambat pada pertengahan Januari ini. "Namun sampai saat ini belum ada policy apa pun dari lembaga yang berwenang. Kita bisa-bisa baru memulai program latihan pada pertengahan Februari."

Padahal menurut Albert, SEA Games Singapura ini merupakan kesempatan emas buat para atlet renang mendulang medali sebenyak mungkin. "The winning team kita di estafet mungkin akan tampil terakhir kali di SEA Games."

Saat ini para atlet yang dipersiapkan untuk berlatih di Australia adalah para atlet yang memperkuat Indonesia di Asian Games Incheon 2014 lalu yaitu Gde Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Glenn Victor Sutanto, Ricky Anggawijaya dan Denni Joshua Tiwa. Sementara satu anggota lainnya, Alexis Wijaya Ohmar kini menuntut ilmu di AS. Perenang yang berangkat ditambah Indra Gunawan yang baru saja bebas dari masa skorsing serta atlet putri Monaliza.

"Mona kini memang tengah berlatih di Korea atas biaya Jawa Barat. Jadi terserah dia apakah mau terus di Korea atau ke Australia. Sementara, mungkin Jawa Barat juga akan mengirimkan atlet renang muda Fadlan Prawira dan Raina Saumi untuk berlatih di sana," ungkap Albert.

Menurut Albert pula, dua atlet andalan yaitu Glenn Victor Sutanto dan Indra Gunawan juga mengajukan permintaan berbeda. Glenn ingin berlatih di Jepang karena ingin fokus pada 50 meter dan 100 meter gaya kupu-kupu. "Di gaya kupu-kupu, favorit kuat tentu Joseph Schooling dari Singapura. Namun untuk 50 meter, Glenn bisa berharap mencuri emas dari Schooling. Sementara nomor 100 meter untuk persiapan turun di nomor estafet 4x100 meter gaya ganti."

Sementara atlet renang spesialis gaya dada, Indra Gunawan telah mengajukan permintaan untuk berlatih di Graz Austria. "Ia berharap dapat berlatih bersama pelatih Dirk Lange dan bersparring dengan para perenang gaya dada dunia, termasuk juara Olimpiade, Cameron van der Burgh dari Afrika Selatan."

Namun menurut Albert, pihaknya masih menunggu apakah proposal yang diajukan Indra Gunawan akan disetujui pihak PRSI. "Kalau dilihat dari nilainya memang tinggi. Tetapi dapat dimengerti karena untuk berlatih di Austria, Indra harus meninggalkan keluarga dengan dua anak. Siapa yang mau nanggung keluarga di sini??"

Menurut Albert, ia pernah menghadapi situasi serupa ketika sudah berkeluarga dan harus berlatih di Australia menghadapi SEA Games. "Untungnya, ketua umum PRSI saat itu, pak Datuk Hakim Thantawi datang ke saya dan menyanggupi menanggung kebutuhan keluarga saya selama latihan di luar negeri. Hasilnya? Saya bisa mencapai best time saat itu."

"Kalau ini yang terjadi pada Indra saat ini, saya yakin dia akan komit untuk mempersiapkan diri tampil maksimal di Singapura," lanjutnya
sumber http://olahraga.kompas.com/read/2015...n.ke.Australia
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links