View Single Post
Old 20th January 2015, 11:02 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Proses Pengadaan Jet Tempur TNI AU (Leaks)


Salam Warjagers!

Pertemuan saya dengan JakartaGreater adalah saat saya harus mencari spek teknis sukhoi 100 super jet, yang jatuh di Gunung Salak. Sebagai orang yang tak akrab dengan info militer yang saya tahu, web militer hanya angkasa dan ARC. Ternyata setelah googling banyak sekali salah satunya adalah JakartaGreater yang ramai ini.

Terus terang saya terkejut sekali saat komentar saya pada tangal 14 dijadikan artikel kecil pada ke esokan harinya. Yang perlu diapresiasi adalah respon dari warga JakartaGreater yang begitu antusias, padahal yang saya tuliskan semata cerita Pak K.I.S Man**gie kepada saya di kantor redaksi setelah ia meliput rapat terbatas mengenai hari jadi KTT ASIA AFRIKA. Info lain dibawahnya adalah penelusuran saya by phone dengan teman-teman kuli tinta lain yang sekiranya tahu soal ini.

Hari sabtu kemarin, begitu saya tahu banyaknya respon warga JakartaGreater, saya langsung undang Pak K.I.S kebetulan beliau ada kegiatan rohanie, tidak jauh dari tempat saya -yang terjadi kemudian Pak K.I.S menegur saya, kenapa info yang off the record harus saya perlihatkan ke public. Saya juga bertanya kepada beliau tentang kemungkinan info lain. Beliau arahkan saya menghubungi beberapa pihak terkait.

Jadi saya hubungi beberapa contact person yang saya tahu, karena ingin tahu detail pemilihan Gripen ini. Saya coba hubungi nomor teman di tim Seskab. Yang saya hubungi selalu membalas dengan sms, sementara rapat. Saya hub contact person staf R.B Pan**itan, hp nya off. Akhirnya saya bisa hubungi mantan A*rena Kas*u yang sekarang berkantor di Polhukam.

Dari beliaulah saya tahu bahwa pembelian ini merupakan renstra jangka panjang yang direncanakan jauh sebelumnya, termasuk fighter kelas berat seperti SU-35.

Hanya saja di tahun ini akan ada perubahan dengan dimasukanya pesawat patroli jarak menengah & amfibi. Semua masalahnya pada waktu dan pembagian angaran strategis. Jadi untuk pengemar SU-35 yang saya lihat banyak & militan sekali,anda hanya perlu bersabar, tidak pake antre. Hanya jumlah masih terbatas. Semua alusista strategis akan datang & genap sampai 5 tahun ke depan.

Dari penelusuran ke teman-teman kuli tinta di kantor jk, saya dapatkan informasi bahwa jk tidak pernah meminta memilih pesawat buatan konsorsium eropa seperti kabar yang selama ini beredar. Yang betul adalah pada saat sidang KKIP Desember lalu, jk hanya memberitahu bahwa ada tawaran lama dari Inggris untuk Indonesia yang tinggal diambil berupa Eurofighter stock reserve NATO, boleh pilih Inggris atau Jerman.

Batch ke 2 baru pesawat yang baru sama sekali & bisa dirakit di Indonesia. Bahkan dibangun seluruhnya di Indonesia. Masalahnya Indonesia tidak mencukupi kandungan lokal untuk membuat jet tempur 100% rasa nusantara.

Senang sekali bisa berbagi dengan warga JakartaGreater yang lain. Banyak hal/info menarik lain yang sebenarnya bisa dibagi di sini. Namun etika jurnalistik membatasi penyampaian di sini. Tidak hanya matra udara, akan banyak kejutan dari matra lain terutama matra darat yang akan terus berdatangan sisa cinta dari program pemerintah kemarin.

Terima kasih bung admin. Terima kasih warjagers semua.* (by Kunto).
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links