View Single Post
Old 21st January 2015, 09:25 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Rusia Bangun Jalur Kereta di Kalimantan


Pemerintah Rusia berjanji merealisasikan proyek pembangunan jalur kereta di Kalimantan pada 2015 mendatang. Proyek ini sudah disepakati pemerintah Rusia dan Indonesia dalam pertemuan bilateral di sela-sela KTT APEC 2013 di Bali awal Oktober 2013. Menurut seorang pejabat Rusia di Jakarta, Senin 28 Oktober 2013, proyek ini dikerjakan oleh perusahaan baik swasta dan pemerintah dari kedua negara.

“Tentu saja ada perusahaan Rusia yang terlibat dalam proyek ini. Mereka berasal dari pihak swasta dan perusahaan milik pemerintah,” kata pejabat yang tidak mau disebut namanya itu.

Dia menyebut alasan pemilihan Kalimantan sebagai lokasi pembangunan proyek, karena masih dibutuhkan infrastruktur untuk mendukung distribusi sumber daya alam di sana. “Jadi proyek ini nantinya kan akan membantu distribusi batu bara dan minyak bumi ke beberapa daerah di Kalimantan,” kata dia.

Realisasi proyek ini sebelumnya juga sudah disinggung oleh Menteri Perkembangan Perekonomian Federasi Rusia, Aleksey Ulyukaev, kepada kantor berita RIA Novosti saat dia menghadiri pekan KTT APEC 2013 di Nusa Dua Bali. Ulyukaev, mengatakan Rusia menjajaki prospek kerja sama di bidang perkeretaapian. “Kalau proyek ini berhasil, kesannya akan cukup positif bagi pertumbuhan ekonomi, baik di Indonesia maupun di Federal Rusia,”ujarnya.

Proyek pembangunan jalur kereta bukan merupakan program baru yang diteken oleh kedua Pemerintah. Penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dilakukan sejak bulan Februari 2012 silam antara Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek dengan Direktur Kalimantan Rail PTE Ltd, Andrey Shigaev.

Proses penandatanganan disaksikan mantan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov, di Jakarta.

Rel kereta ini nantinya dibangun dan terbentang dari Murung Ray ke Balikpapan dengan jarak 275 kilometer. Selain dengan Kalimantan Rail, proyek ini juga melibatkan perusahaan Rusia, yakni JSC Russian Railways. Awang mengatakan pembangunan ini akan membawa dampak yang positif bagi kemajuan infrastruktur di Kaltim. Proyek ini memiliki potensi dalam membentuk sarana transportasi yang dapat diandalkan, lancar, dan aman. (viva.co.id)
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links