View Single Post
Old 21st January 2015, 10:08 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Komjen Badrodin Haiti Resmi Plt Kapolri


Jakarta - Juru bicara Markas Besar Polri, Komisaris Besar Agus Rianto, mengatakan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sudah resmi menjadi pelaksana tugas Kepala Polri. Menurut Agus, tongkat komando Polri saat ini bukan lagi ditangan Jenderal Sutarman.

“Secara administrasi masih Pak Sutarman, tapi karena ada surat dari Presiden otomatis beralih ke Wakil,” kata Agus di Mabes Polri pada Jumat, 16 Januari 2014. Surat tersebut, kata Agus, menyebutkan penunjukan Komisari Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri. Kemudian, diperkuat dengan keputusan sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat yang setuju Budi menjadi Kepala Polri.

Agus mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Kepolisian Republik Indonesia, jika presiden sudah menunjuk Kapolri baru maka tampuk kepemimpinan dipegang oleh wakil hingga pelantikan. “Pak Wakil sudah bisa mengambil kebijakan seperti Kapolri,” katanya.

Menurut Agus, saat ini belum ada informasi terkait pelantikan Budi. Ia juga menampik kabar ada perpecahan di tubuh Polri karena Sutarman pensiun dini dan proses penunjukan Budi oleh Jokowi tidak melalui mekanisme sidang di internal Polri.

Penunjukan Budi menjadi polemik. Sebab, Jokowi tidak melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Padahal, Budi termasuk dalam daftar merah dua lembaga tersebut.

KPK telah menetapkan Budi sebagai tersangka dugaan menerima gratifikasi. Ia ditengarai memiliki rekening dengan transaksi mencurigakan. (Tempo.co).
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links