View Single Post
Old 22nd January 2015, 08:35 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Tank Leopard di Kalimantan, Suatu Kebutuhan


Beberapa tahun yang lalu, mungkin kita masih ingat bagaimana pernyataan Pangdam VI/Mulawarman saat itu tentang potensi ancaman dari negara lain di perbatasan Kalimantan, Terutama dengan adanya MBT PT 91 Malaysia.

Sebentar lagi MBT Leopard 2A4 Indonesia akan tiba dan Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman saat ini, Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengatakan “main battle tank Leopard” sangat dibutuhkan untuk menjaga perbatasan di Kalimantan.

Pangdam Mulawarman di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 29/12/2013 mengatakan perbatasan di Kalimantan sangat rawan, terutama terkait keamanan karena Kalimantan memiliki banyak titik perbatasan dengan wilayah Malaysia dan Singapura.

“Di perbatasan masih sering terjadi pembalakan liar, pertambangan liar dan pencurian ikan. Orang luar seperti sudah ingin caplok sekitar perbatasan kita. Dengan adanya Leopard akan membuat moril lawan jatuh,” katanya saat menerima kunjungan wartawan dari Jakarta, di Markas Komando Batalyon Infanteri 623/Bhakti Wira Utama, Sungai Ulin, Kota Banjarbaru.

Menurutnya, keberadaan Leopard akan semakin memperkuat alutsista canggih yang ada di jajaran Kodam VI/Mulawarman. Saat ini, tank yang ada di Kodam merupakan tank ringan berjenis AMX dan Scorpion. “Paling tidak, satu kompi tank Leopard (delapan unit) dapat ditempatkan di Kalimantan,” tuturnya.
PT 91 Malaysia
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links