View Single Post
Old 22nd January 2015, 09:00 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Ragam Cara Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan


Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya usulan agar kapal asing pelaku pencurian ikan (illegal fishing) bisa langsung dibom, lalu ditenggelamkan. Selama ini cara sederhana menenggelamkan kapal adalah dengan cara dibakar.

“Penenggelaman kapal, dibom saja kali,” tegas Susi di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2014).

Karena pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak punya alat pengeboman, Susi meminta bantuan TNI AL dan TNI AU.

“Aku nggak ngerti. Urusannya sama KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) dong. Ya pasti kalau nggak KSAL atau KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara),” katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, mekanisme penembakan bisa langsung dieksekusi pihak KKP dengan menggunakan peluru berkaliber 12.17 mm.

“Nanti kalau ada kejadian baru kita beri tahu. Banyak cara, dibolongin juga tenggelam kok. Kapal ikan itu bukan kapal besar,” tuturnya.

Akan tetapi, Indroyono membuka peluang agar eksekusi penenggelaman kapal dilakukan TNI AL dan TNI AU. Mengenai prosedur penenggelaman, ia menyerahkan kepada dua instansi itu.

“Kita juga bisa pinjam Angkatan Udara, bisa pinjam juga Angkatan Laut. Apakah caranya dibom? Mereka lebih tahu teknisnya,” jelas Indroyono. (finance.detik.com).
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links