View Single Post
Old 23rd January 2015, 08:59 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Pemerintah Siram Pelindo IV Rp2 Triliun Percepat Tol Laut

Pemerintah Siram Pelindo IV Rp2 Triliun Percepat Tol Laut
http://ekbis.sindonews.com/read/9544...aut-1421939122



Quote:
MAKASSAR - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiramkan dana Rp2 triliun untuk PT Pelindo IV guna mempercepat pembangunan tol laut yang ditargetkan rampung pada 2017.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Mulyono mengatakan, dana ini dimanfaatkan membangun sembilan dermaga yang tersebar di Kawasan Timur Indonesia (KTI), yakni Sorong, Jayapura dan Manokwari, Ternate, Ambon, Makassar, Kendari, Bitung dan Tarakan.

Tol laut tersebut, lanjut dia, merupakan konektivitas laut yang efektif dengan adanya kapal yang melayani dari barat sampai timur Indonesia, sehingga arus lalu lintas kapal dapat lancar dari setiap pelabuhan di area tersebut.

"Jalur tol laut di Indonesia timur yang dimaksud, yakni dari Belawan, Batam, Jakarta, Surabaya ke Makassar. Kemudian dari Makassar ke Sorong dan Bitung, di mana di dua jalur tersebut wilayahnya sangat dekat dari luar negeri, seperti Philipina, Jepang dan Pantai Barat. Sehingga, dalam pengiriman barang dapat menghemat biaya utama logistik saat bongkar muat," ujarnya usai membuka rapat kerja pertama Pelindo IV di kantornya, Kamis (22/1/2015).

Mulyono menuturkan, pendanaan tol laut tidak hanya mengharapkan bantuan pemerintah, tapi juga secara internal manajemen mengalokasikan dana perseroan Rp1,5 triliun pada tahun ini.

Dana tersebut tidak termasuk pinjaman yang sebelumnya diajukan ke perbankan melalui BRI dan Mandiri sebesar Rp300 miliar pada tahun lalu.

"Saat ini, kami juga telah mengajukan pinjaman tambahan Rp900 miliar ke perbankan sifatnya bukan sindikasi. Tapi pinjaman murni melalui bantuan corporate perbankan," katanya.

Mulyono menjelaskan, karena pinjaman yang diajukan terbilang besar maka untuk menguatkan modal perusahaan diusulkan pengajuan surat utang atau obligasi setara dengan nilai pinjaman.

Pengajuan itu masih menunggu proses selanjutnya dari Kemenhub, sambil menunggu hasil pemeringkatan dari Badan Pemeringkat International untuk menentukan posisi rating Pelindo IV Makassar. Meski, tidak dipungkiri secara aset perseroan telah memenuhi syarat.

"Tahun ini, ditargetkan perolehan laba maupun investasi naik 10%. Di mana, tahun lalu realisasi pendapatan usaha dapat dicapai Rp2,06 triliun dan tahun ini bisa mencapai Rp2,6 triliun lebih. Begitupun, dari laba diharapkan bisa naik 10% dari capaian tahun lalu sebesar Rp660 miliar," tandasnya.

(dmd)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links