View Single Post
Old 23rd January 2015, 09:12 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Konsumsi Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi RI

Konsumsi Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi RI
http://ekbis.sindonews.com/read/9543...-ri-1421921675

Quote:
JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjio menyebutkan konsumsi sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kalau dari sisi faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan itu sama, konsumsi mendukung. Jadi arahnya BI juga confident bahwa tahun ini lebih positif lebih baik dari 2014, pertumbuhan akan lebih tinggi," ujar Perry di gedung DPR RI Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Menurutnya, inflasi juga lebih rendah, dan itu sama dengan pemrintah. Sumber-sumber pertumbuhannya antara BI dan pemerintah berpandangan sama.

Tidak hanya dari konsumsi swasta tapi juga konsumsi pemerintah dan investasi pemerintah itu juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Tinggal masalah angkanya, kisaran BI kan 5,4%-5,8% titik tengahnya 5,6% ya nanti akan ada beberapa pandangan dari berbagai macam," papar dia.

Dia mengatakan, hal ini akan mendorong kontribusi pemerintah. Seperti tahun lalu, konsumsi pemerintah secara yield hanya tumbuh kurang dari 1% dari konsumsi saja atau pengeluaran rutin.

Tahun ini bisa tumbuh 5%-6% pertumbuhannya untuk konsumsi pemerintah saja.

"Belum jika kita bicara belanja modal (capex) yang nanti juga akan mendorong investasi pemerintah," imbuhnya.

Perry mengatakan, hal tersebut juga akan memberikan multiplayer efek bagi investasi swasta, sehingga investasi swasta terdorong.

"Sehingga itulah kenapa kami dari BI confident pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari 2014," pungkas dia.

(izz)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links