View Single Post
Old 24th January 2015, 09:42 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Reksa Dana untuk Modal Kuliah

Quote:
SAYA Rasyid (20 tahun), seorang karyawan swasta yang terhitung baru saja memasuki dunia kerja dengan pemasukan per bulan Rp1,3 juta. Berniat melakukan investasi reksa dana dengan tujuan untuk tambahan dana kuliah tahun 2015, dengan biaya berkisar Rp7-12 juta untuk pendaftaran dan masuk kuliah awal, dll. Yang saya tanyakan

1) Jenis reksa dana apa yang paling tepat?

2) Berapa kisaran jumlah uang yang harus saya investasikan agar dapat memenuhi target?

3) Bagaimana perhitungannya?

Atas perhatian dan bimbingannya saya ucapkan terima kasih.

Sekian

Halo Mas Rasyid,

Rencana Mas Rasyid untuk kuliah sambil bekerja patut diacungi jempol.Perlu kesiapan dan tekad yang kuat untuk bisa melaksanakan dalam waktu bersamaan. Melihat rencana kuliah yang akan dilakukan tahun 2015 ini, maka dana harus tersedia paling lambat bulan Juni 2015 atau sekitar enam bulan lagi.

Melihat jangka waktunya, maka instrumen investasi yang dipilih harus merupakan investasi jangka pendek dengan risiko yang rendah sampai moderat, yaitu return-nya cukup stabil. Akan tetapi sebagai konsekuensinya Anda tidak bisa mengharapkan return yang tinggi.

Untuk pilihan reksa dana, Anda bisa memilih reksa dana pasar uang, yang investasinya 100 persen dalam bentuk deposito, SBI dan surat utang jangka pendek. Return-nya sedikit lebih baik dari deposito, dengan fleksibilitas penarikan dana kapan saja tanpa harus menunggu jatuh tempo. Dari historical data, returnnya sekitar 0,5 persen per bulan (hampir mirip dengan deposito).

Berdasarkan kebutuhan dana antara Rp7 juta sampai dengan Rp12 juta, maka dana yang harus disisihkan per bulan adalah Rp1,15 juta sampai dengan Rp1,96 juta per bulan (asumsi return 0,5 persen per bulan). Dilihat dari pendapatan Anda jumlah ini melebihi dana yang tersedia.

Agar Anda dapat tetap melakukan rencana untuk kuliah, maka harus dilakukan penyesuaian. Yang bisa Anda lakukan adalah :

Menunda kuliah sampai dengan tahun 2016, sehingga ada waktu 1,5 tahun untuk menabung. (asumsi biaya kuliah naik 15 persen menjadi Rp8 juta sd Rp13,8 juta, dengan perhitungan return 0,5 persen per bulan dana yang perlu disisihkan Rp423.000 sampai dengan Rp741.000).

Menambah penghasilan agar bisa mencukupi kebutuhan dana

Meminta bantuan keluarga atau teman untuk menutupi sebagian kebutuhan dana

Semoga sukses

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, danredaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links