View Single Post
Old 24th January 2015, 10:06 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default BUMDES Diyakini Mampu Bangkitkan Perekonomian Desa

BUMDES Diyakini Mampu Bangkitkan Perekonomian Desa
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...ekonomian-desa


Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA Pengamat ekonomi kerakyatan UIN Syarif Hidayatullah Jaka Badranaya menilai, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) bisa membangkitkan perekonomian. Masyarakat desa nantinya akan semakin diberdayakan.
"Hasil karya mereka nantinya dapat dijual BUMDES untuk dipasarkan lebih luas," kata Jaka saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (23/1/2015).
Menurutnya, keuntungan yang didapat BUMDES dapat dimanfaatkan untuk pembangunan pertanian desa yang diarahkan kepada swasembada pangan nasional.
Lebih lanjut Jaka mengatakan, BUMDES direncanakan untuk memnbangkitkan perekonomian, sehingga bisa menekan angka kemiskinan. Dia menegaskan siapapun tak bisa memungkiri kemiskinan yang paling banyak adalah di desa.
"Nah dengan adanya BUMDES diharapkan kemiskinan bisa ditekan sehingga kehidupan mereka semakin sejahtera," ujar Jaka.
Dia juga mengingatkan, BUMDES akan menghadapi tantangan sumber daya manusia (SDM).
"Agar dikelola dengan baik tentu membutuhkan sumber daya yang baik. Ini harus bisa dihadapi," jelasnya. Dosen UIN Syarif Hidayatullah ini menyebutkan, semangat yang baik tentu harus direalisasikan orang-orang yang berkemampuan. Tanpa SDM yang baik, menurutnya, akan menjadi permasalahan tersendiri.
Sementara itu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menjelaskan, BUMDES akan dimaksimalkan fungsinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.
"Potensi desa akan dimaksimalkan disitu," katanya.
Dia mengimbau agar nantinya BUMDES dikelola dengan baik. Semua pihak perlu dilibatkan didalamnya.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links