View Single Post
Old 25th January 2015, 10:37 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sebelum Memulai Deposito, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Quote:
SAYA mau mencoba deposito, hal-hal apa saja yang harus saya perhatikan ketika akan memulainya?

Emy, Jakarta

Hai Mbak Emy,

Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetoran maupun penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja. Deposito disebut pula sebagai tabungan berjangka. Umumnya bank memberikan pilihan waktu satu bulan, tiga bulan, enam bulan dan satu tahun yang dapat secara otomatis diperpanjang. Bunga deposito biasanya lebih tinggi dibanding bunga tabungan.Inilah biasanya yang menjadi daya tarik utama deposito.

Tidak seperti tabungan yang dapat dibuka dengan setoran awal yang kecil.Minimal setoran untuk penempatan deposito lebih besar, besarnya pada tiap bank bervariasi, tapi saat ini yang paling minimal adalah sebesar Rp500.000. Selain itu jika nasabah menutup deposito sebelum waktunya, maka akan dikenakan penalti yang besarnya tergantung kebijakan bank masing-masing.

Umumnya bunga deposito dibayarkan pada waktu jatuh tempo atau akhir dari jangka waktu yang disepakati, pajak deposito diperhitungkan dari bunga yang diperoleh nasabah.

Hal penting yang harus diperhatikan oleh calon nasabah adalah nilai suku bunga yang ditawarkan. Bunga yang dicantumkan adalah suku bunga tahunan atau per annum (pa). Sebagai ilustrasi untuk investasi senilai Rp10.000.000 selama tiga bulan diberikan bunga 6,5 persen pa, maka bunga yang diperoleh adalah: Rp10 juta x 6,5 persen x (3 bulan / 12 bulan) = Rp162.500 (sebelum pajak).

Salah satu fitur yang sering ditawarkan adalah sistem ARO (Automatic Roll Over) atau perpanjangan waktu penyimpanan secara otomatis. Deposito nasabah secara otomatis diperpanjang setelah jatuh tempo, adapun bunganya akan dimasukkan pada rekening nasabah. Jangka waktu depositonya sama seperti jangka waktu sebelumnya. Adapun suku bunga tergantung suku bunga yang berlaku pada saat perpanjangan.

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, danredaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links