View Single Post
Old 26th January 2015, 10:36 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Raskin Sangat Membantu Masyarakat Kecil

Raskin Sangat Membantu Masyarakat Kecil
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...syarakat-kecil



Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program beras untuk rakyat miskin (raskin), ternyata masih sangat dibutuhkan masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Masyarakat mengaku masih merasakan manfaat luar biasa atas kehadiran raskin.
Nuraeni, seorang nenek berusia 64 tahun, bahkan sempat menangis saat meluapkan perasaan terkait raskin yang selama ini diterimanya. Warga Kampung Kuta Ateuh, Jurung Thaib, Kecamatan Sukakarya, Sabang, ini, mengaku sangat terbantu dengan raskin lantaran dari segi ekonomi, dirinya tergolong miskin.
“Kami benar-benar terbantu dengan adanya raskin. Tolong jangan dihapus, sedih sekali kalau sampai terjadi,” kata Nuraeni, Jumat (23/1/2015).
Tinggal seorang diri di rumah sederhana, Nuraeni mengandalkan pemberian anak-anaknya untuk menopang kebutuhan sehari-hari. Menurutnya, raskin memang menjadi tumpuan harapan. Dia pun tidak mempersoalkan mengenai lauk pauk, meski hanya makan dengan sambal. “Tetapi kalau tidak ada beras, bagaimana nasib kami?” keluhnya.
Sementara itu, Asmuni, warga Kampung Anek Laut, Jurung Putro Bungsu, Kecamatan Sukakarya, Sabang, juga mengungkapkan keprihatinan yang sama.
Dia mengeluhkan lantaran masih harus membiayai tiga orang anaknya. Bekerja sebagai pengambil gula aren di hutan, kondisi ekonomi Asmuni memang terbilang jauh dari layak. “Semoga pemerintah tetap memberikan raskin kepada kami,” harapnya.
Sedangkan di Kabupaten Bandung Barat, seluruh penerima raskin juga bersuara serupa. Misalnya saja Zaenal (67), warga Kampung Malaka, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta.Di usia senja, beban Zaenal memang terbilang berat. Dia hanya berharap dari pemberian kedua anaknya yang telah bekerja. Dia sangat berterima kasih atas raskin yang telah diterima selama ini. "Ini adalah bentuk perhatian pemerintah. Terima kasih sekali," ucap Zaenal.
Sebelumnya, Pemerintah memutuskan tetap menyalurkan bantuan sosial beras miskin (Raskin) kepada 15,5 juta keluarga yang masuk sasaran penerima manfaat pada 2015. Keputusan itu sekaligus mementahkan wacana penghapusan raskin yang sempat dilontarkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.
"Untuk menjaga stabilisasi harga dan perlindungan sosial, kami akan tetap laksanakan program ini raskin," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Puan Maharani setelah rapat terkait Raskin, Jakarta, Rabu (14/1/2015).
Lebih lanjut kata Puan, untuk keperluan raskin itu pemerintah akan menganggarkan Rp 18,8 triliun pada APBN-P 2015. Nantinya raskin akan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links