View Single Post
Old 26th January 2015, 10:56 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Para penambang Bojonegoro suling sumur tua

Para penambang Bojonegoro suling sumur tua

http://www.antaranews.com/berita/476...ling-sumur-tua



Quote:
Bojonegoro (ANTARA News) - Para penambang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyuling secara tradisional sumur minyak tua di Kecamatan Kedewan dan Malo.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Bojonegoro Agus Supriyanto, di Bojonegoro, Minggu, mengatakan, pihaknya belum tahu berapa banyak produksi sumur minyak tua di daerahnya yang disuling penambang akibat tidak terbeli Pertamina EP "Asset IV Field" Cepu.

Tetapi, menurut dia, pemkab sudah berusaha melakukan pendekatan kepada Pertamina EP "Asset IV Field" Cepu, agar membeli seluruh produksi sumur minyak tua tersebut.

"Pertamina EP "Asset IV Field" Cepu beralasan pengurangan pembelian produksi sumur minyak tua karena faktor anggaran," katanya.

Dari keterangan yang diperoleh, jumlah sumur minyak tua yang masuk kontrak antara Pertamina EP "Asset IV Field" Cepu, Jawa Tengah, dengan KUD Usaha Jawa Bersama, KUD Sumber Pangan, dan KUD Karya Sejahtera, sebanyak 250 buah.

Tapi, Pertamina IV "Asset IV Field" Cepu, memperkirakan di Desa Wonocolo, Hargomulyo, dan Mbeji, Kecamatan Kedewan dan Desa Kedungsumber, Kecamatan Malo, terdapat sekitar 500 sumur minyak.

Dari data yang ada, produksi sumur minyak tua yang dikelola KUD Usaha Jaya Bersama (UJB), Kecamatan Kedewan, mencapai 55 truk tangki (per tangki 5.000 liter/hari), tapi yang dibeli hanya sekitar 25 truk.

Produksi sumur minyak tua yang dikelola KUD Sumber Pangan, Kecamatan Kedewan, sekitar 25 truk tangki/hari, sedangkan yang dibeli hanya sekitar 10 truk tangki/hari. Sedangkan KUD Karya Sejahtera, Kecamatan Malo, sekitar enam truk tangki/hari, yang dibeli tiga truk tangki/hari.

Seorang penambang sumur minyak tua di Kecamatan Kedewan, Sholeh, menjelaskan para penambang menyuling produksi minyak mentah yang tidak dibeli Pertamina EP "Asset IV Field" Cepu untuk dijadikan solar atau minyak tanah.

"Produksi hasil sulingan minyak mentah dijual di pasar bebas dengan harga Rp700 ribu/drum," katanya.

Tapi, sesuai dengan kesepakatan, para penambang memperoleh imbalan jasa pengambilan minyak mentah dari Pertamina EP "Asset IV Field" Cepu, sebesar Rp180 ribu/drum.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links