View Single Post
Old 12th November 2012, 07:13 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Inilah 50 Tokoh Militer Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

Inilah 50 Tokoh Militer Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia

Kepemimpinan bangsa ini selalu tidak terlepas dari tampilnya tokoh militer. ABRI dan TNI selama ini menjadi andalan bangsa ini untuk menjadi pemimpin bangsa ini. Hal ini terjadi karena dalam pembentukan seorang tokoh yang berkualitas, TNI merupakan institusi yang paling bagus dalam perkembangan jenjang karier. Mulai dari rekruitmen anggota baru, pendidikan dasar dan pendidikan berkelanjutan dan pengalaman jenjang karier termasuk paling profesional, rapi, terencana dan disiplin. Dalam pengalaman jenjang kareirpun anggota TNI termasuk paling berpengalaman ditempa kondisi dan lingkungan yang bervariasi dan tempaan mulai ringan hingga berat. Pendidikan dan tempaan pendidikan yang profesional dan keras inilah membuat pemimpin dari jalur militer sangat berkualitas dan menjadi pilihan bangsa dan rakyat Indonesia. Pemimpn Indonesia yang berasal dari militer inilah berkarakter tegas, kerasd dan disiplin yang sangat mempengaruhi seluruh kehidupan bangsa ini dalam sejarahnya

Tentara Nasional Indonesia terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. TNI dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan memiliki Kepala Staf Angkatan. Dalam sejarahnya, TNI pernah digabungkan dengan POLRI. Gabungan ini disebut ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) yang menggunakan slogan “Catur Dharma Eka Karma” disingkat “CADEK”. Sesuai Ketetapan MPR nomor VI/MPR/2000 tentang pemisahan TNI dan POLRI serta Ketetapan MPR nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan peran POLRI maka pada tanggal 30 September 2004 telah disahkan RUU TNI oleh DPR RI yang selanjutnya ditanda tangani oleh Presiden Megawati pada tanggal 19 Oktober 2004.

Seiring berjalannya era reformasi di Indonesia, TNI mengalami proses reformasi internal yang signifikan. Di antaranya adalah perubahan doktrin “Catur” menjadi “Tri” setelah terpisahnya POLRI dari ABRI. Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/21/I/2007, pada tanggal 12 Januari 2007, doktrin TNI ditetapkan menjadi “Tri Dharma Eka Karma“, disingkat “TRIDEK”.
Inilah Tokoh Militer Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia
Quote:

Soeharto
Soesilo Bambang Yudhoyono
Jenderal Soedirman
Abdul Haris Nasution
M Yusuf
Beni Moerdani
Tri Soetrisno
Umar Wirahadikusumah
Soedarmono
Wiranto
Ali Sadikin
Sarwo Edhie Wibowo
Ibnu Sutowo
Moerdiono
Prabowo Soebianto
Edi Sudrajat
Agum Gumelar
Mohammad Ma’ruf
M Panggabean
Amirmachmud
Feisal Tanjung
Wismoyo Arismunandar
T.B. Simatupang
Daryatmo
Agum Gumelar
Hasnan Habib
Harsudiyono Hartas
Hendardji Soepandji
Latief Hendraningrat
Hari Sabarno
Abdulrahman Saleh
Gatot Soebroto
Soedharmono
Oerip Soemohardjo
Aang Kunaefi
Abdul Latief (kolonel)
Mohammad Ma’ruf
Amirmachmud
E.E. Mangindaan
Yogie Suardi Memet
Solihin G. P.
Basuki Rahmat
Soepardjo
R. Soeprapto (gubernur)
Edi Sudradjat
Sayidiman Suryohadiprojo
Feisal Tanjung
Tjokropranolo
Ahmad Yani
Acub Zaenal
sumber
__________________


andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links