View Single Post
Old 29th January 2015, 11:26 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Harga Turun, Negara Penghasil Minyak Rugi Hingga USD1,6 Triliun

Quote:
JAKARTA - Harga minyak dunia saat ini berada di kisaran harga USD50 juta per barel. Penurunan harga minyak tersebut berdampak positif terutama pada negara yang memiliki sektor industri maju.
"Anjloknya harga minyak dunia akan membawa untung bagi negara-negara yang memiliki sektor industri yang maju,"ujar Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dalam Keynt Spece di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (29/1/2015)

Dia menjelaskan dengan harga minyak yang saat ini jatuh ke titik USD50 per barel membuat negara-negara penghasil minyak bumi kehilangan pendapatan sebesar USD1,6 triliun per tahun.

"Dengan harga minyak sebesar USD50, artinya kalau konsumsi minyak 90 juta barel per hari, artinya kalau 1 tahun 360 hari di kali 90 juta di kali USD50, artinya adanya kehilangan USD1,6 triliun per tahun,"katanya.

Lanjut JK, angka USD1,6 triliun tersebut beralih dari produsen ke konsumen. Negara-negara penghasil minyak seperti negara di kawasan Timur Tengah, Rusia dan lain-lain yang bergantung pada ekspor minyak bumi mengalami kerugian.

"Termasuk Indonesia, karena kita setengah penghasil minyak, setengah pengimpor minyak," imbuhnya.

Jadi negara-negara yang selama ini mengandalkan industri sebagai penggerak ekonominya akan mendapatkan keuntungan yang besar dari menurunnya harga minyak dunia ini.

"Negara yang dapat untung seperti China, India, Jepang, Korea, dan sebagian kita juga," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links