View Single Post
Old 29th January 2015, 01:22 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2786
Posts: 57
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Obat pemulihan pasca operasi


Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang canggih, proses melahirkan yang dulu hanya dilakukan secara normal, ternyata dizaman sekarang ini proses melahirkan tersebut bisa dilakukan dengan cara lain yaitu melalui operasi caesar, yaitu suatu proses tindakan bedah untuk membantu proses kelahiran bayi. Operasi caesar yang dulu di anggap suatu hal yang tabu, ternyata sekarang ini dijadikan hal yang lumrah dan umum sebagai cara alternatif persalinan yang aman. Namun tahukah anda, dibalik semua itu bahaya besar dapat mengancam anda setelah operasi tersebut dilakukan. Tindakan operasi caesar tersebut akan meninggalkan luka pada perut, rasa sakit dan perih akan muncul akibat luka sayatan yang didapat saat operasi, membuatnya jadi kurang nyaman dalam melakukan segala hal aktivitas. Serta tahap pemulihan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan tidak mudah, karena memang proses persalinan yang dilakukan melalui operasi caesar akan lebih lama daripada persalinan normal. Karena luka bekas operasi akan membutuhkan waktu sekitar 4 sampai dengan 6 minggu, yang tepatnya lebih dari 1 bulan untuk kembali sembuh. Untuk membantu proses pemulihan, berikut dibawah ini kami sajikan tips bagi ibu yang sedang menjalani masa-masa pemulihan pasca operasi, untuk mempercepat sembuhnya luka operasi, dan pemulihan herbal pasca operasi caesar dengan obat pemulihan pasca operasi. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan untuk di simak.

Pernafasan dalam :
Tips yang pertama adalah melakukan pernafasan dalam. Menarik nafas dalam-dalam mungkin memang akan membuat rasa sakit, namu hal ini harus tetap dilakukan bagi seorang ibu pasca melakukan operasi caesar, terutama yang dibius total dal proses operasi tersebut, karena hal ini berfungsi untuk membersihkan lendir di dada yang dapat menyebabkan infeksi. Cara untuk mengatasi atau mengurangi nyeri ketikan menarik nafas dalam-dalam adalah dengan menahan daerah sayatan dengan gulungan handuk atau bantal kecil.

Berdiri & berjalan : Bagi ibu yang baru saja melakukan operasi caesar anda akan diperbolehkan turun dari tempat tidur yakni setelah 24jam dari selesai operasi. Anda mungkin akan merasa pusing dan lemas diwaktu pertama anda bangun, namun hal itu akan hilang dengan seiring anda melakukan gerakan ringan pada pergelangan kaki untuk melancarkan peredaran darah. Jangan langsung berdiri atau berjalan, duduklah sebentar, lalu berdirilah selurus yang anda bisa lakukan dengan bantuan seseorang. Apabila anda sudah terbiasa dengan posisi berdiri, lalu cobalah melangkahkan kaki untuk berjalan, namun secara perlahan dan sering. Dan hal itu akan menjadi mudah di tahap berikutnya.

Jaga kesehatan tubuh :
Istirahatlah yang cukup, dan tidurlah minimal 8 jam sehari. Perbanyaklah minum air putih untuk mengindari sembelit setelah melahirkan. Konsumsilah makanan yang seimbang, sehat dan bergizi, seperti pada sayur dan buah yang mengandung banyak serat.

Tunda hubungan seks : Bagi ibu yang baru saja melahirkan melalui operasi caesar, jangan terburu-buru melakukan aktivitas seks dengan suami, karena tubuh si ibu akan membutuhkan waktu untuk pulih, begitu pula organ seksualnya, selain itu pula, berhubungan seks akan membuat si ibu semakin lemas dan menambah rasa nyeri. Maka dari itu sebaiknya tunda dulu hingga 6 minggu pasca melahirkan atau operasi caesar.

Rawat bekas luka : Rawat bekas luka operasi jahitan dengan memberinya cairan antiseptik yang biasa diberikan oleh dokter. Bersihkan daerah kemaluan setelah buang air besar dan buang air kecil dengan baik. Sebab, jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan infeksi. Jangan cemas jika bekas luka terasa kencang dan gatal. Proses penyembuhan luka mengakibatkan luka terasa kencang dan gatal. Agar ibu cepat pulih setelah operasi caesar, terutama saat proses penyembuhan luka, lebih baik luka cukup dibersihkan saja.
rantisinta is offline   Reply With Quote
Sponsored Links