View Single Post
Old 30th January 2015, 10:03 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pengelolaan Migas Jokowi Tak Beda Jauh dengan SBY

Quote:
JAKARTA - Sejumlah kalangan menilai industri hulu dan hilir minyak dan gas bumi (migas) mulai dikuasai secara penuh oleh dinasti yang baru yaitu kekuasaan Pemerintahan Jokowi-JK, pascaditinggalkan oleh Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Koordinator Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi, menjelaskan bahwa industri migas ibarat sebotol angur lama yang dibuang isinya dan di isi kembali dengan anggur baru.

"Karena memang sebetulnya tidak ada yang berubah, hanya orang perorang yang mengganti posisi yang ditinggalkan," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Menurutnya, sistem yang ada memang tidak berubah sedikit pun. Hal ini terlihat dari kebijakan Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN yang masih enggan membubarkan perusahaan yang menangani jual beli minyak yaitu Pertamina Energy Trading Pte Ltd (Petral). Sementara, jual beli minyak di gantikan oleh Integrated Supply Chain (ISC) yang merupakan anak usaha Petral.

"Perubahan tidak ada, hanya cakap nol, padahal sudah ada desakan rakyat agar Petral di bubarkan, namun Menteri dan Pertamina hanya mengganti orang-orangnya dan trading minyak dilakukan ISC anak usaha Petral," ucap Ucok

Menurutnya, keluarga Soemarno merupakan pemain lama di sektor migas, dan sistemnya tetap dipelihara hingga sampai saat ini karena diduga sangat menguntungkan oleh pihak-pihak tertentu.

"Sistemnya tetap dipelihara walaupun sudah di desak bubarkan Petral, tapi tetap di pertahankan karena sangat menguntungkan mereka, dengan kata lain mereka inilah yang menguasai Migas di Indonesia, mereka akan menguasai Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, SKK Migas, BPH Migas dan Pertamina," tuturnya.

Uchok mengatakan, seharusnya ISC tidak dibutuhkan dan seharusnya jual-beli migas dilakukan langsung oleh perusahaan negara atau Pertamina secara langsung, tidak melalui anak usaha.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links