View Single Post
Old 30th January 2015, 10:05 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Harga Mahal, Indikasi Produsen Motor Lakukan Kartel

Quote:
JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai salah satu dugaan indikasi kartel yang terjadi pada industri sepeda motor adalah karena penerapan harga jual di Indonesia yang berbeda dengan negara Asia lainnya.
Anggota Komisioner KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, saat ini pihak KPPU telah memiliki alat bukti yang lengkap untuk diklarifikasi soal dugaan kartel yang dilakukan produsen sepeda motor di Indonesia.

"setuju itu indikasi (penerapan harga jual tinggi), karena kalau ada persaingan harga pasti kompetitif," kata Syarkawi kepada Okezone, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Syarkawi mengungkapkan, dugaan praktik kartel terhadap industri sepeda motor di Indonesia, jelas terlihat dari biaya pokok produksi yang memiliki jarak terlalu jauh pada harga jual. "Ada margin yang terlalu besar pada biaya pokok produksi sama harga jual, itu menandakan ada prilaku anti persaingan," tambahnya.

Menurut dia, jika memang industri sepeda motor di Indonesia benar tidak melakukan praktik kartel, maka mereka tidak akan menerapkan keuntungan yang terlalu besar pada harga jual.

"Kalau bersaing itu margin tidak perlu besar, karena kalau margin besar itu ada pasar monopoli bahkan bisa duopoli," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links