View Single Post
Old 30th January 2015, 10:06 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default KPPU Sudah Kantongi Bukti H & Y Monopoli

Quote:
JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebutkan tingginya harga jual sepeda motor di Indonesia menjadi salah satu indikasi dugaan kartel telah dilakukan pada industri tersebut. Adapun dua produsen motor tersebut, berinisial Y dan H.
Anggota Komisioner KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, tingginya harga jual sepeda motor jika dibandingkan dengan biaya pokok produksinya lantaran adanya persekongkolan dua produsen besar di Indonesia.

"Jadi ada tindakan anti persaingan, seperti motor itu ada dua produsen besar bersekongkol soal harga," kata Syarkawi saat dihubungi Okezone, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Bahkan, dengan menciptakan suatu proses perdagangan yang memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan biaya pokok produksinya, itu menjadi indikasi bahwa bisnis tersebut kartel. "Itu indikasi, kalau margin besar itu ada di pasar monopoli, bisa juga duopoli," tambahnya.

Sampai saat ini, lanjut Syarkawi, hasil investigasi yang dilakukan tim KPPU terhadap industri sepeda motor di Indonesia tersebut telah menemui bukti-bukti yang kuat. "Dokumen bukti sudah ada, saat ini sedang dalam proses pemanggilan," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links