View Single Post
Old 1st February 2015, 11:11 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 24 Jan 2015
Userid: 3176
Location: Tangerang Selatan
Posts: 6
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Berbisnis Jasa Sablon Kaos? Baca ini dulu

Kebutuhan akan kaos setiap harinya semakin meningkat dan pilihan kaos sablon pun beragam. Banyak munculnya jasa sablon kaos, merupakan ajang dimana kaos distro dapat memilih tempat sablon yang terbaik. Mari kita ulas tentang berbisnis jasa sablon kaos, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memulai usaha ini.

1. Apakah sablon

Sablon merupakan teknik yang digunakan utnuk mencetak desain yang kita inginkan pada sebuah media, bisa berupa kaos, tas, kertas, sweater, kemeja dan lain-lain. Sablon awalnya hanya dilakukan dengan teknik sablon manual, namun kini semakin berkembang dan kemudian muncul jenis sablon kaos yang umum digunakan, yaitu sablon digital, yang digunakan untuk sablon bisa berupa mesin atau printer.

Sablon manual dalam proses cetaknya menggunakan screen dan rakel, dimana screen tersebut sebelumnya telah melawati proses afdruk. Pada proses sablon manual dilakukan dengan tangan manusia tanpa bantuan mesin ataupun printer. Sedangkan untuk sablon digital, prose sablonnya dilakukan denga mesin atau printer yang telah dimodifikasi untuk sablon. Masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat menemukan kelebihan maupun kekurangannya di forum-forum yang membahas tentang sablon kaos.

2. Bagaimana proses sablon kaos

Pada sablon manual proses mencetaknya dimulai dari setting gambar/desain, proses afdruk, proses sablon dengan menggunakan tinta/pasta yang di oles ke permukaan kaos, sehingga gambar yang kita inginkan tercetak pada kaos tersebut. Sedangkan pada sablon digital, prosesnya yaitu setting gambar kemudian print gambar pada permukaan kaos. Untuk mencetak satuan, sablon digital dapat mencetak jauh lebih cepat dari sablon manual, dan untuk cetak dalam jumlah besar, sablon manual adalah ahlinya, karena mampu mencetak jauh lebih cepat dari sablon digital. Untuk sablon manual modal yang dibutuhkan sedikit namun harus mempuyai keahlian dalam mencetaknya, anda bisa dapatkan dengan kursus sablon yang banyak bermunculan di internet. Sedangkan untuk sablon digital modal yang dikeluarkan relatif besar, namun anda hanya cukup belajar sebentar untuk dapat mengoprasikan mesin tersebut.

3. Pemilihan kaos

Banyak pilihan kaos yang dapat kita gunakan untuk kaos sablon, yaitu cotton combed, cotton cardet, spandek, TC, PE, Hyget. Masing-masing bahan kaos dapat disesuaikan dengan kebutuhannya.

Yuk, jika anda tertarik segeralah mulai bisnis jasa sablon kaos
tingting2906 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links