View Single Post
Old 3rd February 2015, 11:38 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Harga Batu Akik Melonjak, Dongkrak Perekonomian Warga

Quote:
SOLO - Popularitas batu akik di Solo, Jawa Tengah terbilang luar biasa. Dalam jangka waktu satu bulan, penjualan batu akik ini mengalami peningkatan luar biasa dibandingkan sebelumnya.

Melonjaknya harga akik, ungkap salah satu kolektor batu akik Kustawa, di satu sisi kerajinan batu akik ternyata juga berimbas pada taraf hidup warga. Dengan batu akik, ekonomi warga di luar kota Solo, seperti Sragen dan Wonogiri dimana bahan baku pembuatan akik ini ada mulai terdongkrak. Karena harga jual batu ini tak ada patokan dan tergolong ngawur.

“Coba bayangkan berapa ratus juta uang berputar di sini setiap harinya. Ini sungguh luar biasa. Dan hal ini telah mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat,” terang Kustawa kepada Okezone.

Prosesnya mulai dari memotong, menghaluskan hingga memoles, sehingga batu menjadi bagus dan menarik. Namun, sebelum dipotong batu tersebut harus dilihat dulu, dicek seratnya, baru dipotong sesuai alur serat kemudian digosok. Dan semua itu membutuhkan tenaga kerja yang tak sedikit. Sehingga melonjaknya batu akik, tak hanya mendongkrak perekonomian, jelas membuka peluang lapangan pekerjaan baru.

"Seharusnya ini yang ditangkap oleh pemerintah daerah di mana bahan baku pembuatan akik ini ada. Ongkos untuk satu batu sekitar Rp25 ribu. Ongkos itu untuk mengolah batu dari bongkahan sampai menjadi batu akik siap pakai. Jelas untuk mengolahnya membutuhkan tenaga kerja banyak,"pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links