View Single Post
Old 4th February 2015, 03:03 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 23 Dec 2014
Userid: 3045
Location: surakarta
Posts: 782
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default AUTOMOBILE ENGINEERING SEMINAR di beberapa KOTA BESAR

AUTOMOBILE ENGINEERING SEMINAR
Seminar Teknologi Otomotif yang bertujuan untuk mengulas kembali akan ingatan kita pada sebuah teknologi otomotif dan dapat menambah pengetahuan yang telah fasih maupun paham di bidang otomotif, dan dapat pula sebagai pembelajaran bagi yang masih awam pada suatu bidang otomotif. Karena pada suatu perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif akan menerapkan atau menuntut seseorang untuk belajar mengetahui tentang seberapa besar perkembangan teknologi pada bidang otomotif tersebut.
Tidak hanya perusahaan tetapi Seorang Hobbys, Dosen, Guru pembimbing otomotif Juga harus mempelajari seberapa besar perkembangan teknologi pada bidang otomotif, Karena nantinya mereka juga akan mewariskan ilmunya pada anak didik mereka sendiri, sehingga dengan cara kita mengikuti sebuah seminar untuk mempelajari seberapa jauhkan perkembangan teknologi saat ini yang semakin lama akan semakin berkembang dan akan semakin banyak teknologi yang canggih pula akan bermunculan, Dengan adanya seminar ini pula Guru pembimbing maupun Dosen pembimbing itu pun akan lebih mudah menyampaikan kembali apa yang sudah mereka lihat dan pelajari pada saat menyaksikan langsung seminar tersebut .
Disini akan saya jelaskan secara singkat mengenai topik yang akan dibahas pada seminar :
1. Immobilizer Key For Automobile
Sebuah perangkat elektronika yang dipasangkan pada kunci dan mesin mobil yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan untuk meminimalisir pencurian mobil yang saat ini sangat marak menggunakan kunci palsu. Perangkat tersebut melibatkan penempatan dari microchip untuk itu apabila sinyal dikenali oleh alat tersebut maka secara otomatis ECU akan mengirimkan arus dan yang terjadi adalah mobil menyala.
Sistem kerja alat ini yaitu chip yang ada pada kunci sudah ada kode-kode tertentu dan kode tersebut akan melalui sebuah proses yang akan dikirim ke ECU lalu apabila ECU mengenali kode tersebut maka akan memprosen bahan bakar sehingga mesin otomatis akan menyala. Keunggulan alat ini adalah sebgai berikut :
a. Mengamankan mobil dari tangan yang jahil dan pihat yang tidak berrtanggung jawab.
b. Kunci yang sudah dilengkapi dengan alarm.
c. Adanya alat ini meminimalisir pencuri membobol mobil.

2. Diesel Common Rail Technology
Teknologi yang baru dari sebuah mesin diesel, baru karena diesel common rail technology ini mempunyai banyak keunggulan istimewanya yaitu seluruh control injeksi yang terdapat pada suatu mesin yang di atur oleh system elektronik, Diesel Common Rail sangat familier dengan CC yang dapat menghasilkan tenaga yang besar apabila dibandingkan dengan diesel non common rail.
Diesel Common Rail termasuk direct injection, Namun yang menjadi Perbedaan utama common rail dengan tipe diesel yang lama yaitu pada sistem injeksinya, nah pada common rail yang membuka injektor adalah arus listrik yaitu berasal dari ECU.
Fungsi dari Diesel Common Rail adalah mengurangi emisi gas buang yang berada pada mesin dan menghemat bahan bakar . pengharapan dari ini adalah sistem pembakaran menjadi lebih optimal. Namun dibalik itu kerja optimal yang dihasilkan pada teknologi common rail injection ditakutkan apabila mesin menjadi panas ataupun terjadi kebakaran saat mesin mengalami masalah kebocoran.

3. Electronik Control Unit Or Electronic Control Module For Automobile
Electronik Control Unit Or Electronic Control Module For Automobile sering disebut dengan sebutan ECU pada mobil. Cara kerja ECU seperti cara kerja sistem komputer yang dapat mendeteksi apa saja, bedanya ECU ini dapat mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mobil dengan sistem sensor-sensor yang digunakan. ECU terdapat indikator yang dapat mendeteksi kerusakan tersebut, sistem indikator pada ECU ini terdapat pada speedometer mobil. Ecu ini berguna sebagai
- rasio udara, bahan bakar
- sistem pengapian
- pengontrol durasi buka tutup katup.

4. Electric Power Steering For Automobile
Electric Power Steering For Automobile adalah sistem kemudi dengan meringankan kemudi pada saat membelokkkan atau menambah kecepatan kemudi pada mobil dengan ringan tanpa harus mengerluarkan tenaga yang banyak. Power Steering ini sering disebut sebagai alat bantu yang sangat berguna untuk komponen mobil karena pengontrol dari kecepatan tersebut adalah sistem kemudi. Sistem Kemudi ini bisa ringan karena adanya tekanan pada mesin yang menghasilkan gas yang ringan, tetapi kita juga harus mempertibangkan kecepatan pada saat rendah dan tinggi sesuai dengan keadaan atau kondisi jalanan.
Power steering mempunyai keuntungan, antara lain:
- Kestabilan pada saat pengemudi dengan kecepatan tinggi
- Pada saat mobil melaju kencang maka terdapat guncangan pada mobil tersebut, dapat dikurangi denga adanya power steering ini. Penyaluran media jalan yang tidak rata ini disalurkan pada steering wheel.
Steering effort dapat dikurangi dengan adanya power steering.
5. Antilock Brake System Technology
Antilock Brake System Technology adalah sistem pengereman pada roda belakang agar
pada saat mobil tersebut melaju pada kemiringan dan gas pun tidak kuat maka antilock brake system ini sangat berfungsi dan tidak terjadi penguncian. Salah satunya untuk menjaga perlambatan pada saat mobil mobil melaju rendah. Antilock juga disebut sebagai penahanan pada sistem roda yang bertujuan sebagai penguncian agar mobil tidak bergeser kemana-mana. Antilock ini bekerja pada penguncian pada ban mobil agar tidak bergerak. Sistem pada antilock ini mengmbil dari sistem pesawat terbang yang cara kerjanya pun sama.
Diatas adalah beberapa ringkasan dari topic yang akan kita bahas nantinya pada seminar yang akan di selenggarakan, tentunya setelah kita mengetahui fungsi dari masing-masing alat tersebut kita yang awalnya dari tidak tahu menjadi tahu seiring berjalannya waktu semakin rasa ngin tahuan kita pada teknologi otomotif maka semakin mudah pula kita menyerap ilmu yang kita pelajari untuk bekal kita saat menemukan kesulitan pada mobil kita sendiri.
Bersama ini kami sampaikan penawaran seminar teknologi otomotif, yang utamanya bertujuan untuk menyegarkan ingatan bagi yang telah paham dan meningkatkan pengetahuan bagi yang masih awam. Kami menawarkan SEMINAR TEKNOLOGI OTOMOTIF dengan topic sebagai berikut :
Topic :
1. Immobilizer Key For Automobile
2. Diesel Common Rail Technology
3. Antilock Brake System Technology
4. Electric Power Steering for Automobile
5. Electronic Control Unit Technology
Jadwal dan tempat Seminar :
1. Jakarta , Sabtu 23 Mei 2015
2. Semarang, Sabtu 30 Mei 2015
3. Surabaya, sabtu 6 Juni 2015
4. Bali, Sabtu 13 juni 2015
Nara Sumber :
Team raswo.com & TokoOtomotif.com
Peseta:
Mekanik, Mahasiswa, Guru, Dosen, Hobbys, dll
Biaya seminar :
Rp. 2.000.000,- (pendaftaran sebelum 15 Mei 2015 diskon 50%)
Fasilitas seminar :
Modul, Sertifikat, Coffe break, & makan Siang
Pendaftaran Seminar :
Informasi lebih lengkap & pendaftaran bisa dilakukan melalui situs kami : www.tokootomotif.com
Likes:(1)
tokootomotif is offline   Reply With Quote
Sponsored Links