View Single Post
Old 4th February 2015, 07:17 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Listrik Jakarta Terancam Padam, PLN Alihkan Beban Jaringan

Listrik Jakarta Terancam Padam, PLN Alihkan Beban Jaringan
http://bisnis.liputan6.com/read/2170...beban-jaringan



Quote:
Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tanggerang (PLN Disjaya) melakukan pengalihan beban jaringan sebesar 20 kilo Volt (kV) untuk menghidari potensi pemadaman pada sebagian wilayah Jakarta.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Mambang Hertadi mengatakan, sebagian Jakarta berpotensi mengalami pemadaman listrik karena kerusakan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV penghantar Gardu Induk Plumpang dan Gardu Induk Gambir Baru dengan daya 120 MW, akibat pengeboran horizontal dari Perusahaan Air Minum (PAM) tanpa koordinasi dengan PLN terlebih dahulu.

"Pengeboran tersebut menimbulkan bocornya minyak pendingin yang sekaligus berfungsi sebagai pelindung kabel (isolasi), kata Mambang, di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Mabang menambahkan, dalam proses perbaikannya, PLN berupaya meminimalisir dampak wilayah padam dengan melakukan manuver atau pengalihan beban pada jaringan 20 kV.

"Apabila proses pengalihan beban tidak cukup untuk meminimalisir wilayah padam, maka akan ada sebagian wilayah Jakarta yang berpotensi terkena pemutusan aliran listrik sementara selama 3 jam bergantian," tuturnya.

Menurut Bambang, perbaikan yang dilakukan agar pasokan listrik tetap terjaga, adalah dengan mengisi minyak isolasi kabel setiap 4 jam sekali sebanyak 200 liter dan memperbaiki kerusakan kabel tersebut yang akan berlangsung kurang lebih 12 jam.

" Untuk sementara PLN Disjaya mengisi minyak isolasi kabel," pungkas Mambang. (Pew/Gdn)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links