View Single Post
Old 7th February 2015, 10:59 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 11 Kesalahan Fatal dalam Mengelola Uang (1)

Quote:
JAKARTA Banyak orang tidak menyadari kesalahan yang dilakukan pada pengelolaan uang. Biasanya akan berakhir pada penyesalan dan biasanya terulang lagi pada waktu berikutnya.

Untuk membuat Anda menghindari penyesalan tersebut, berikut daftar kesalahan umum yang dilakukan banyak orang pada keuangan mereka, seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (7/2/2015).

1. Tidak memiliki anggaran

Anggaran adalah kunci untuk mencapai semua tujuan Anda. Jangan sampai Anda menghabiskan uang untuk mewujudkan impian Anda dalam balutan hutang.

Agar terhindar dari permasalahan ini cobalah untuk melakukan penghitungan dimulai dari pendapatan bulanan Anda. Kemudian kurangi pengeluaran rutin bulanan seperti transportasi, biaya perumahan dan konsumsi. Setelah itu alokasikan 20 persen hingga 30 persen untuk tabungan. Sisanya meliputi biaya hidup, seperti makan di luar, hiburan, dan lain sebagainya.



2. Membayar biaya bank yang tidak perlu

Ketika membuat rekening bank ataupun asuransi, akan banyak biaya-biaya yang nantinya dikeluarkan. Terlebih jika Anda memiliki rekening giro, kartu kredit, dan tagihan-tagihan lain. Solusinya, cobalah untuk melakukan pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Pertimbangan ini berdasarkan suku bunga yang lebih rendah pada pinjaman dan biaya lebih sedikit untuk membayar tagihan dan perlindungan asuransi.

3. Tidak memiliki dana darurat

Tidak adanya dana darurat yang Anda simpan, akan membuat biaya hidup Anda menjadi meningkat karena mungkin Anda akan memilih berutang sebagai jalan keluar. Ketika menggunakan kartu kredit karena tidak adanya dana yang tersedia hanya akan menambah beban Anda untuk melakukan pembayaran utang pada periode berikutnya beserta biaya bunga. Solusinya, sisihkanlah sebagian dari gaji Anda untuk ketersediaan dana tersebut. Minimal Anda dapat memiliki biaya hidup tambahan selama 3-6 bulan jika dana tersebut tidak Anda gunakan secara periodik.

4. Tidak mempersiapkan masa tua dari sekarang

Anak-anak muda biasanya tidak menaruh perhatian untuk memikirkan masa tuanya karena dianggap masih terlampau lama. Untuk alasan ini, mereka tidak memberikan kontribusi terhadap masa pensiun mereka. Solusinya, mulailah dari sekarang untuk ikut dalam jaminan masa tua. Ini akan membantu untuk menabung secara tidak langsung demi mempersiapkan masa pensiun Anda.

5. Tidak tahu berapa banyak menabung untuk pensiun

Kebanyakan orang tidak memiliki petunjuk terkait berapa banyak mereka harus menabung untuk masa pensiun. Hal ini diibaratkan seperti menembak pistol tanpa target. Solusinya mulailah dari berapa yang Anda mampu. Untuk angka pastinya, Anda perlu menggunakan kalkulator dalam menghitung kebutuhan Anda di masa tua. Sehingga Anda dapat menyisihkan gaji bulanan sejak saat ini untuk mencapai total dari kebutuhan tersebut.

6. Tidak melakukan perencanaan perumahan

Jika Anda telah berkeluarga dan memiliki anak-anak, Anda perlu memperhatikan mengenai rumah yang Anda tinggali terlebih jika Anda tinggal dengan pihak lain. Ketika satu rumah bersama pihak lain akan membuat suatu masalah karena nantinya Anda kesulitan mengenai kepemilikan aset dan sebagainya di penghujung usia Anda. Solusinya, buatlah kepemilikan atas rumah tersebut dengan nama ahli waris Anda. Jika tidak, buatlah surat wasiat dan bekerja dengan seorang pengacara akan membantu Anda suatu hari nanti. (Bersambung)
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links