View Single Post
Old 7th February 2015, 11:01 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 11 Kesalahan Fatal dalam Mengelola Uang (2)

Quote:
JAKARTA Penyesalan biasanya datang terakhir. Begitu juga dalam mengelola keuangan. Agar uang bisa berfungsi efektif, maka perlu dikelola dengan baik.

Setelah diulas enam poin mengelola uang pada artikel sebelumnya, berikut lanjutan kesalahan fatal dalam mengelola keuangan, seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (7/2/2015).

7. Tidak memiliki asuransi jiwa

Biasanya kebanyakan orang berpikir mengenai asuransi jiwa untuk mengantisipasi jika dirinya meninggal secara tiba-tiba. Namun, mereka jarang berpikir jika mereka mendapatkan cacat karena kecelakaan. Hal ini menjadikan seseorang tidak produktif dan mengurangi pendapatan Anda. Solusinya, jika perusahaan Anda menawarkan asuransi cacat, mendaftarlah. Jika tidak, carilah asuransi tersebut dan mendaftar sendiri.

8. Tidak memiliki jenis asuransi yang tepat

Bila Anda memiliki anak-anak atau tanggungan, Anda harus memiliki asuransi jiwa. Tetapi harus diperhatikan, memiliki kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda dapat membuang-buang uang. Solusinya, konsultasikan hal ini dengan perencana keuangan yang akan mengevaluasi seluruh situasi keuangan Anda. Selain itu, dia perlua tahu apa jenis asuransi yang ditawarkan perusahaan Anda sehingga Anda dapat melakukan pilihan yang tepat terkait asuransi tersebut.

9. Menggunakan penasihat investasi sebagai perencana keuangan Anda

Penasihat investasi memang dapat membantu Anda, namun dia tidak melihat keseluruhan keuangan Anda. Sehingga tidak dapat memberi saran terkait asuransi yang perlu Anda ikuti atau tabungan yang perlu Anda siapkan di hari tua. Solusinya, pikirkan penasihat keuangan yang terbaik bagi Anda. Jika Anda berada di pertengahan usia 50-an atau lebih tua, Anda akan memerlukan Perencana Penghasilan Pensiun profesional, yang mengkhususkan diri dalam mengubah aset Anda ke pendapatan pensiun.

10. Hanya melihat keuntungan ketika melakukan investasi

Biasanya, ketika orang berpikir tentang investasi, mereka berpikir tentang hal-hal baik yang dapat terjadi dan bukan kemungkinan buruk dari itu semua. Mereka hanya akan melihat keuntungan di masa depan meskipun saat ini mengalami kerugian. Sebelum memilih investasi, pertimbangkan terlebih dahulu apa yang akan terjadi jika investasi ini gagal. Jangan sampai, hal ini mengharuskan Anda bekerja lebih lama dari bayangan Anda untuk menutup pengeluaran yang telah Anda keluarkan pada investasi.

11. Tidak melihat prospek di masa depan ketika melakukan investasi

Dalam memilih investasi, biasanya seseorang hanya melihat pada berita baik dari sebuah perusahaan yang akan dituju untuk investasi tersebut. Padahal, apa yang dialami perusahaan saat ini belum tentu sama kondisinya dengan tahun berikutnya. Anda perlu melakukan kajian lebih dalam dan melihat prospek perusahaan tersebut di masa depan. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak menyesal di kemudian hari. (Tamat)
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links