View Single Post
Old 7th February 2015, 11:03 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Strategi Keuangan bagi Karyawan yang Ingin S2

Quote:
JAKARTA - Dapatkah seorang karyawan ingin melanjutkan pendidikannya? Masalahnya yang akan dihadapi bukan hanya permasalahan akademik, tapi juga keuangan. Pasalnya, biaya pendidikan untuk pasca-sarjana terhitung sangat mahal.

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, uang bukanlah menjadi suatu alasan untuk menandaskan niat melanjutkan pendidikan. Salah satunya, adalah dengan mengambil kredit multi guna dari Bank.

Meski demikian, harus tetap diperhitungkan biaya cicilannya dari pemasukan yang ada. Jangan sampai gaji habis hanya untuk membayar cicilan tersebut

"Banyak cara, tergantung bagaimana kesanggupan dan kesiapan kita. Ketika lulus, dia bisa mendapatkan pemasukan yang lebih dengan karier yang lebih tinggi. Jadi ini investasi juga," tuturnya kepada Okezone.

"Jika beasiswa, tapi tidak selalu beasiswa itu memberi seluruh kebutuhan, ada yang kasih biaya sekolahnya saja, biaya sehari-harinya tidak. Itu juga yang harus dipikirkan," katanya.

Namun, jika pilihannya jatuh dengan biaya sendiri, maka secepatnya dimulai untuk melakukan perencanaan keuangan. Hitung berapa kira-kira biaya pendidikan dari universitas yang akan dipilih.

Menurutnya, jika memang ingin melanjutkan pendidikan maka dapat menabung sedini mungkin dengan mencari pemasukan tambahan ataupun lembur. Kemudian, jatuhkan juga pilihan apakah ingin kuliah sambil bekerja atau ingin total kuliah.

"Mau total kuliah, ya berarti sama musti menabung dulu. Harus dihitung dari awal biaya hidupnya, berapa biaya kuliahnya. Berarti harus rasional perhitungannya kira-kira bisa nabungnya berapa lama dan berapa banyak. Berarti harus bisa mendapatkan penghasilan lebih, apapun itu pekerjaan tambahan atau yang lainnya," tuturnya.

Dia mengatakan, ada baiknya melanjutkan pendidikan di dalam negeri. Selain kualitas pendidikannya tidak kalah jauh dengan universitas negara lain, juga masih bisa sambil bekerja. Dengan begitu merealisasikan untuk memulai kuliah menjadi lebih cepat, karena banyak universitas yang menyediakan angsuran biaya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links