View Single Post
Old 7th February 2015, 09:37 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Kadin dukung langkah Jokowi gandeng Proton realisasikan mobnas

Kadin dukung langkah Jokowi gandeng Proton realisasikan mobnas
http://www.merdeka.com/uang/kadin-du...an-mobnas.html



Quote:
Merdeka.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggandeng perusahaan pabrikan mobil Proton asal Malaysia. Kadin menilai Malaysia satu-satunya negara anggota ASEAN yang sudah mampu memproduksi mobil nasional (mobnas) sendiri.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto (SBS). "Karena secara jujur harus diakui bahwa satu-satunya negara di ASEAN yang mampu membangun mobil nasional murni milik nasional adalah Malaysia," ujar Suryo kepada merdeka.com, Sabtu (7/2).

Suryo beranggapan Proton termasuk salah satu perusahaan di ASEAN yang berani memproduksi mobil nasional. Hal itu tak lepas dari sang empunya yakni mantan PM Malaysia Mahatir Mohamad. "Itu memerlukan visi dan komitmen berani dari seorang pemimpin visioner seperti yang dilakukan oleh Dr. Mahathir," tuturnya.

Untuk itu, lantaran latar belakang Indonesia yang notabenenya satu rumpun dengan Malaysia mampu mendukung keberadaan Proton di dalam negeri. "Oleh karenanya kita sebagai sesama negara Asean dan serumpun wajib mendukung agar Proton bisa sukses di Indonesia," ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut Suryo, besarnya pasar yang ada di dalam negeri membuat Pemerintah tidak akan keberatan memberikan setengahnya kepada Proton sebagai wujud dukungannya. "Pasar automobile di Indonesia masih luas dan tumbuh terus dengan cukup stabil oleh sebab itu sebaiknya sebagian dari pasar kita berikan kepada mobil Proton. Apalagi tahun ini kita akan memulai dengan MEA," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo seolah tidak kapok mewujudkan mobil nasional Indonesia. Usai gagal dengan melejitkan Esemka saat masih menjabat Walikota Solo, kini sebagai presiden, Jokowi kembali berambisi menghadirkan mobil nasional dengan menggandeng pabrikan mobil asal Malaysia, Proton.

Melalui koleganya, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono, Jokowi berharap perusahaan bentukan Hendro dapat memproduksi sebuah mobil nasional.

PT Adiperkasa Citra Lestari, perusahaan milik Hendropriyono ini, menjadi pihak yang akan melakukan penjajakan. Dilansir dari laman abcnews.com, Jumat (6/2), Proton bersama PT Adiperkasa Citra Lestari akan melakukan studi kelaikan atau feasibility study dan peluang kerja sama dalam mewujudkan mobil nasional.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links