View Single Post
Old 8th February 2015, 10:33 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Bulog Diminta Tetap Berperan Stabilkan Harga Beras

Bulog Diminta Tetap Berperan Stabilkan Harga Beras
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...an-harga-beras

Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peran Perum Bulog dalam menjalankan Operasi Pasar (OP) maupun Operasi Pasar Khusus (OPK) sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.
Operasi Pasar yang ditujukan bagi masyarakat umum dan pedagang, maupun Operasi Pasar Khusus (OPK) untuk program raskin, tidak hanya menjamin ketersediaan beras, namun juga menstabilkan harga pada saat musim penghujan dan transisi seperti saat ini.
Demikian disampaikan Nellys Soekidi, pedagang beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC). Itulah sebabnya, peran Bulog tersebut layak diapresiasi. “Tanpa intervensi Bulog melalui Operasi Pasar (OP), misalnya, sudah pasti harga beras tidak terkendali,” kata Nellys yang juga Ketua Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), kemarin.
Kalaupun saat ini terdapat sedikit kenaikan harga, menurut Nellys masih dalam kondisi wajar. Dan kondisi tersebut, setidaknya akan berlangsung hingga Maret 2015, ketika tiba musim panen raya.
Saat ini, lanjutnya, harga beras grosir di PIBC untuk jenis IR3, berkisar antara Rp8.800-8.900/kg. Sedangkan IR2, antara Rp 9.200-Rp 9.300/kg, IR1 antara Rp 9.400-Rp 9.500/kg, dan IR Super di atas Rp 9.600/kg.
Nellys menambahkan, untuk komoditas beras, tidak ada patokan harga normal. Yang penting itu tadi, masih tetap terkendalinya stabilitas harga. Karena jika harga tidak stabil, bukan hanya masyarakat yang menjerit, namun juga pedagang dan petani.
Pedagang sendiri, lanjutnya, tidak senang jika harga tinggi. Selain menambah beban modal, juga menghadapi risiko kerugian yang tidak sedikit. Kerugian bisa terjadi, ketika tiba-tiba harga turun secara drastis. “Namun syukurlah selama ini Bulog selalu melakukan intervensi, sehingga dalam kondisi apapun harga tetap stabil,” katanya. Dan peran Bulog tersebut, menurut Nellys, tidak hanya pada saat musim transisi seperti saat ini. Ketika musim panen raya, Bulog juga berperan melakukan pengadaan, yakni membeli langsung kepada petani. Dengan demikian, petani tidak dirugikan karena harga jualnya tidak anjlok.
“Jadi yang terpenting memang keseimbangan antara produsen, konsumen, dan pelaku usaha. Tanpa peran tersebut, harga bisa saja suatu saat melambung terlalu tinggi, namun pada saat yang lain juga anjlok terlalu rendah. Kondisi demikian sangat merugikan semua pihak,” katanya.
Selain Operasi Pasar (OP), peran Bulog juga terlihat nyata dalam Operasi Pasar Khusus (OPK). Melalui OPK, Bulog menyalurkan raskin kepada masyarakat miskin yang sangat membutuhkan.
Terkait program tersebut, apresiasi datang dari para bupati/kepala daerah, termasuk Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Eka mengapresiasi program Raskin, sebagai suatu komitmen Pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu di Tabanan.
Untuk itulah Bupati berharap, program raskin dapat dilanjutkan dan tetap menyentuh langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena melalui raskin, beban masyarakat miskin bisa berkurang, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok, yakni beras.
Menurut Eka, program raskin sesuai dengan program Pemkab Tabanan. Karena Pemkab Tabanan selalu berkomitmen menempatkan skala prioritas berbagai program dalam mengentaskan kemiskinan.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links