View Single Post
Old 8th February 2015, 10:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Gaji Pas-pasan Tetapi Ingin Investasi?

Quote:
Pertanyaan :

SAYA baru saja menyelesaikan kuliah di salah satu PTN, umur saya 24 tahun. Saya tertarik ingin memulai bisnis, investasi atau semacamnya yang kira-kira bisa menunjang keuangan saya ke depan.

Di samping saya juga mencari pekerjaan tetap (dengan gaji pas-pasan). Apakah saran yang tepat untuk seorang pemula lakukan dalam menunjang keinginan tersebut? Terima kasih

Regards

Adinda

Jawaban :

Hai Adinda,

Banyak di antara kita yang sudah memahami perlunya berinvestasi sejak muda, tetapi umumnya bingung bagaimana memulainya?

Sebelum memulai berinvestasi, ada tiga hal yang harus Anda siapkan.

1. Berapa banyak uang yang dimiliki? Uang di sini adalah dana “menganggur” yang Anda miliki, di luar uang yang dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Berapa banyak dana yang bisa Anda sisihkan setiap bulan atau setiap tahunnya?

2. Apa tujuan investasi Anda? Tentukan tujuan investasi Anda. Berapa besar target yang ingin Anda capai? Berapa lama jangka waktu yang Anda miliki? Tujuan yang jelas membantu Anda untuk memilih instrumen investasi yang tepat.

3. Berapa kuat komitmen Anda? Berinvestasi adalah mengorbankan kesenangan saat ini demi kesenangan yang lebih besar di masa depan. Investasi tidak bisa dilakukan secara instan, perlu waktu. Dan selama melakukan investasi tersebut, bisakan Anda melawan godaan untuk membelanjakan uang “menganggur” Anda?

Untuk pemula, maka ada beberapa pilihan investasi yang bisa diambil, antara lain :

a. Reksa dana : Bisa digunakan sebagai wahana untuk menguji dan melatih Anda dalam berinvestasi. Reksadana relatif mudah dilakukan, bisa memperkenalkan Anda terhadap dunia investasi dan pasar modal, serta relatif bisa dimulai dengan modal yang kecil.

b. Emas : Investasikan emas dalam bentuk fisik, dan sebaiknya dalam bentuk logam mulia bukan emas perhiasan.

c. Bisnis bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menghasilkan keuntungan yang besar. Yang perlu dicermati dalam memulai suatu bisnis adalah :

- Lihat peluang bisnis, jangan sekedar ikut tren sesaat, pilihlah yang mempunyai peluang untuk beberapa tahun ke depan

- Buat konsep usaha yang jelas, agar bisnis Anda “terlihat” oleh masyarakat luas dan berkembang

- Lakukan survei, termasuk melihat lokasi dan potensi market yang ada di sekitar lokasi sehingga bisnis Anda tepat sasaran.

Yang terpenting adalah mulailah segera berinvestasi, jangan menunda dan takut rugi. Selain itu jangan berharap return tinggi dalam waktu singkat, terutama di masa-masa awal Anda berinvestasi. Fokuslah pada proses pembelajaran, mengumpulkan pengetahuan serta pengalaman, dan profit akan datang dengan sendirinya.

Selamat berinvestasi.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links