View Single Post
Old 8th February 2015, 10:49 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default GIMNI: Program Penghiliran Kelapa Sawit Perlu Direstukturisasi

GIMNI: Program Penghiliran Kelapa Sawit Perlu Direstukturisasi
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...restukturisasi


Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) menilai perlu dilakukan restuktrurisasi kembali program penghiliran kelapa sawit dan perlu penambahan elemen pendukung, guna meningkatkan ekspor sawit dalam periode lima tahun ke depan.
Direktur Eksekutif GIMNI, Sahat Sinaga, mengatakan selama ini hanya bertumpu pada dua elemen dalam program penghiliran kelapa sawit, dengan tujuan nilai tambah berada semaksimal mungkin di dalam negeri.
Dua elemen tersebut, kata Sahat, pertama pengenaan Bea Keluar yang tinggi pada produk hulu dan progresif menurun pada produk yang lebih hilir, dan kedua berupa insentif dalam bentuk tax holiday bagi investasi Industri Hilir Kelapa Sawit (IHKS) di atas Rp 1 triliun dan tax allowance bagi investasi yang berada di luar Pulau Sumatera dan Jawa.
"Selain restrukturisasi dua elemen tersebut, seluruh stakeholders sawit harus bekerja keras dan dapat menemukan terobosan baru di berbagai bidang, antara lain seperti empat elemen-elemen utama," ujarnya, Jumat (6/2/2015).
Sementara empat elemen tersebut, katanya, seperti terobosan pasar luar negeri, image bisnis sawit di dalam negeri dan tanggung jawab perlu ditempatkan pada proporsi yang benar, insentif tambahan dan minimalisasi hambatan akibat regulasi.
"Dan terakhir cost effective dan infrastruktur yang kompetitif dengan negara lain," ucapnya.
Kalau beberapa elemen di atas dapat segera diatasi, terutama harga bio-diesel dan pemakaian B-20, maka harga akan naik, dan instrumen Bea Keluar akan berjalan, dan kelancaran barang di pelabuhan dan Bea Keluar bisa berjalan baik, maka komposisi produk ekspor ini akan dapat kembali ke pola di tahun 2013.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links