View Single Post
Old 8th February 2015, 04:49 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 8 Feb 2015
Userid: 3228
Posts: 4
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Bisnis Online atau Offline ???



Kekuatan Internet untuk dijadikan lahan mencari penghasilan sudah tidak diragukan lagi, kekuatannya yang bisa menjangkau keseluruh dunia merupakan ciri khas yang membuatnya sangat spektakuler tak terkecuali dalam hal pemasaran.

Konsep memasarkan bisnis di internet dengan di bisnis offline atau bisnis konvensional mempunyai perbedaan yang signifikan, baik itu dilihat dari segi modal, tenaga, waktu dan fikiran. Di internet, meskipun tanpa modal bisnis, orang sudah bisa berbisnis meskipun sebenarnya dia modal waktu dan tenaga, hal ini berbeda jika kita memasarkan di bisnis konvensional yang notabene membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Misalkan saja seorang penjual bakso yang untuk memasarkan dagangannya dia membutuhkan gerobak yang biayanya kira-kira ratusan ribu hingga jutaan rupiah, itu jika dia seorang Pedagang Keliling. Bagaimana dengan yang sedikit mapan? Misalkan saja dia sewa kontrakan untuk dijadikan kedai bakso, maka dia akan membayar untuk biaya sewa kontrakannya, biaya untuk para pembantunya jika ia memang mempunyai, belum lagi biaya untuk mengisi kedainya seperti pembelian daging, tepung, kompor untuk memanaskan kuah dan sebagainya, tentu saja ini membutuhkan dana yang sangat besar.

Di samping itu, dilihat dari segi efektifitas, produktifitas dan efisiensi jelas bisnis internet lebih unggul. Bayangkan saja perbandingannya dengan bisnis internet, dimana untuk membuka sebuah toko online dan sejenisnya dalam dunia internet lebih dikenal dengan website, modal yang dibutuhkan hanyalah pembelian domain dan hosting yang harganya nggak sampai 200.000,- Katakan saja membuat website tentang bakso, maka bukan baksonya yang dijual melainkan resep membuat baksonya yang bisa dituangkan dalam bentuk ebook, audio dan video. Kita asumsikan ebook tersebut di jual 100.000, maka dua kali penjualan saja sudah balik modal dan kita tinggal menunggu keuntungan bersihnya.

Bisnis online di Internet juga tidak mengenal umur, siapa saja boleh mencoba belajar bisnis online di Internet, tidak hanya anak muda, tapi semua orang bahkan semua profesi boleh bisnis online di Internet, yang terpenting adalah mau belajar, berusaha, dan bersabar.

Bisnis online di Internet juga tidak terikat dengan waktu, karena bisnis online di Internet bersifat 24 jam, maksudnya apabila kita berbisnis toko online, toko akan buka 24 jam, tidak perlu ada yang jaga seperti toko konvensional, dan kita bisa sewaktu waktu menjalankan bisnis online di Internet sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita untuk menjalankannya. Website kita bisa bekerja secara otomatis melayani calon pembeli atau pengguna jasa website kita.

Dalam bisnis online di Internet, waktu bukanlah jadi masalah, Kita dapat memilih jam kerja dengan bebas, misalnya saja Anda di dunia nyata sebagai pegawai atau kerja di suatu perusahaan, maka Anda dapat menjalankan bisnis online di Internet pada waktu pulang kerja, apabila Anda masih duduk di bangku kuliahan alias masih jadi mahasiswa yang masih banyak waktu, lebih baik kalau Anda melakuakan bisnis online, dalam menjalankan bisnis online tidak harus dicheck setiap jam, kita kerjakan dengan 1 jam per harinya atau maksimal 3 jam perhari.

Keunggulan Bisnis Online

Suatu pagi Saya terbangun, Saya langsung menyalakan laptop, Saya koneksikan ke Internet dan Saya akses rekening Saya di klikBCA. Saya perhatikan saldonya… Saya berguman, “Hmmm, saldoku hari ini 7 juta lebih banyak dari pada kemarin”. Lalu Saya klik link catatan mutasi, Saya perhatikan… terdapat beberapa transaksi masuk ke rekening selama 12 jam terakhir. Kejadian seperti ini terjadi hampir setiap hari.

Dulu saat-saat pertama Saya menjalankan bisnis, hal-hal seperti ini sungguh luar biasa. Namun sekarang, karena mengalaminya setiap hari, membuatnya seakan-akan sebagai hal yang biasa, walaupun jauh di dalam lubuk hati Saya. ini tetap luar biasa!

Kalimat tersebut bukannya tanpa alasan, sebab selama beberapa waktu Saya menggeluti bidang bisnis Internet ini, Saya temukan banyak sekali keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan bisnis konvensional bentuk apapun. Saya rasakan, keunggulannya sungguh jauh meninggalkan seluruh model bisnis konvensional lainnya.

Berikut daftar keunggulan Memiliki bisnis online di Internet :
Modal yang Anda perlukan sangat kecil. Relatif kecil dibandingkan bisnis konvensional apapun.
Anda tidak membutuhkan inventaris mahal, cukup dengan satu komputer yang terkoneksi Internet, meja, kursi, dan sebuah buku tulis. Dengan beberapa Aplikasi dasar, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.
Waktu operasional jauh lebih sedikit. Anda tidak perlu menggunakan 8 jam dalam sehari jika Anda tidak suka. Cukup gunakan 1-3 jam per hari untuk mengurusi bisnis ini.
Bisa Anda jalankan kapan saja. Jika Anda harus ‘bekerja paksa’ di siang hari, Anda bisa jalankan bisnis ini saat malam hari. ( Anda bisa Bebas mengatur Jam Kerja Anda )
Bisa Anda jalankan dimana saja, asal ada koneksi Internet. Bisnis ini paling enak dijalankan secara Part Time di rumah, bagi yang belum punya koneksi Internet sendiri, bisnis ini juga bisa dijalankan Cukup dari Warnet.
Pangsa pasar yang luas. Dengan menggunakan Internet yang dapat diakses dari belahan dunia mana saja maka sangat memungkinkan untuk menjangkau target market yang sangat luas. Jadi apapun produk yang dionlinekan akan dapat di promosikan secara online melalui internet.
You Are The Bos. Kelebihan yang satu ini yang paling saya senangi. Anda akan menjadi pimpinan dan sekaligus pemilik dalam bisnis online Anda tanpa terikat oleh siapapun. Karena Anda tidak perlu atasan yang mengatur jadwal kerja Anda dlm menjalankan bisnis.

Quote:
Sumber
Likes:(1)
Roni Yahya is offline   Reply With Quote
Sponsored Links