View Single Post
Old 9th February 2015, 10:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Investasi tapi Takut Ditipu, Ini Tipsnya

Quote:
Pertanyaan :

Assalammualaikum, selamat pagi.

Saya mau bertanya tentang berinvestasi pada reksa dana, Kebetulan umur saya masih 17 tahun dan saya sudah bekerja meski statusnya masih PHL, penghasilan bersih saya setelah dipotong ini itu adalah Rp600 ribu, saya ingin menabungkannya untuk kuliah tahun depan, tapi kalau di bank pasti kena potongan jadi saya berniat menginvestasikannya.

Tapi masalahnya orangtua saya tidak mengizinkannya Katanya kalau berinvestasi itu banyak yang penipuan. Jadi saya harus bagaimana dalam melakukan investasi ini? Saya masih awam dan takut terkena tipu juga.

Terima kasih

Cherry.



Jawab :

Wa’alaikum salam Mbak Cherry,


Senang sekali mengetahui bahwa Mbak Cherry. Meskipun usianya masih sangat muda namun sudah ada kesadaran dan keinginan untuk memulai berinvestasi.

Ketika kita memiliki sejumlah pendapatan dan ingin menyisihkannya sebagian sebagai tabungan masa depan, tentu kita berpikir bagaimana agar uang yang kita sisihkan ini bisa berkembang secara maksimal bukannya justru tergerus oleh inflasi. Dan agar uang yang kita sisihkan tidak tergerus oleh inflasi, maka kita harus menyimpannya dalam instrumen-instrumen yang bisa memberikan return atau imbal hasil di atas angka inflasi. Dan memang, instrumen-instrumen itu mayoritas berupa investasi di produk-produk tertentu, baik itu yang dikeluarkan oleh suatu institusi finansial ataupun bukan.

Produk investasi itu sendiri sangat banyak ragam dan macamnya. Ada yang dikelola oleh pihak lain dan ada yang kita kelola sendiri. Contoh investasi yang dana kita dikelola oleh pihak lain adalah semisal kita berinvestasi di pasar modal. Contoh investasi yang kita kelola sendiri semisal menanamkan modal untuk membuka warung makan atau counter handphone. Yang perlu kita ingat adalah konsep investasi itu sendiri adalah “bila kita ingin imbal hasil yang besar, maka harus siap menghadapi risiko yang besar. Bila tidak ingin mendapat risiko yang besar maka harus siap menerima hasil yang biasa-biasa saja”.

Jadi agar kita bisa mendapatkan imbal hasil sesuai yang diharapkan, maka kita harus benar-benar memahami konsep kerja investasi yang kita masuki, karena tiap jenis investasi akan berbeda cara kerja serta risikonya. Ini akan menghindarkan kita dari kemudian berpikir “investasi itu adalah penipuan”, selain memang kita juga harus waspada terhadap penipuan berkedok investasi.

Produk reksa dana adalah salah satu macam produk investasi yang dananya dikelola oleh pihak lain. Jadi jangan khawatir bila hanya memiliki pemahaman yang minimal tentang investasi, karena di produk ini kita tinggal menyetorkan dana, lalu pihak Asset Manajemen yang akan melakukan tugasnya mengelola dana kita dengan memantau pergerakan nilainya dari laporan yang secara rutin mereka berikan. Berinvestasi di reksa dana minimal setorannya adalah seratus ribu rupiah per penyetoran, dan sama seperti tabungan di bank, kita bisa menyetorkannya kapan saja.

Mirip dengan produk tabungan, reksadana juga ada potongannya yang disebut dengan management fee. Mereka memberlakukan juga pemotongan biasanya pada saat nasabah menyetorkan dananya dan atau pada saat menarik dananya. Namun berbeda dengan produk tabungan dan deposito yang mematok imbal hasilnya di angka tertentu, di produk reksa dana imbal hasilnya tidak dijamin.

Pihak Asset Management memiliki prospektus yang menunjukkan perkembangan imbal hasil dan dana yang mereka kelola, mereka juga akan menyatakan bahwa prospektus itu bukanlah jaminan kinerja di masa yang akan datang. Bisa jadi imbal hasil yang diberikan lebih tinggi, dan bisa juga lebih rendah.

Untuk produk reksa dana sendiri sebenarnya baru akan benar-benar memberikan hasil maksimal bila kita berinvestasi dalam waktu yang cukup lama semisal di atas tiga tahun. Namun bila kebutuhan Mbak Cherry adalah dalam waktu dekat yaitu untuk kuliah di tahun mendatang, maka akan lebih tepat bila berinvestasinya di reksa dana yang basisnya adalah Pasar uang atau fixed income. Untuk lebih jelas mengenai detail produknya, coba datang ke beberapa bank yang telah menjadi agen penjualan reksadana, atau bisa browsing dulu ke website-website Asset Management yang ada.

Selamat berinvestasi.

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links