View Single Post
Old 10th February 2015, 07:13 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Resmi Dimulai

Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Resmi Dimulai
http://ekbis.sindonews.com/read/9618...lai-1423451477

Quote:
BOGOR - PT Trans Jabar Tol melakukan pencanangan pembangunan (groundbreaking) ruas tol Ciawi-Sukabumi seksi I sepanjang 15,4 kilometer (km) pada hari ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

‎"Pembangunan jalan Tol Ciawi-Sukabumi merupakan kelanjutan Tol Jagorawi yang direncanakan menjadi salah satu penghubung antara Jakarta-Sukabumi yang strategis bagi pengembangan wilayah Jawa Barat bagian selatan," ungkap Direktur PT Trans Jabar Tol Rully Rakhmatullah dalam acara groundbreaking tol Ciawi-Sukabumi Seksi I di Bogor, Senin (9/2/2015).

Dengan beroperasinya jalan Tol Ciawi-Sukabumi ini, kemacetan di beberapa titik rute Jakarta-Sukabumi akan teratasi. Pembangunan tol ini juga diharapkan dapat membantu pengembangan kawasan wilayah Jawa Barat Selatan melalui peningkatan aksesibilitas, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan‎.

Seperti direncanakan, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I akan dibiayai oleh modal sendiri serta pinjaman bank yang sedang dalam proses tahap akhir oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pembangunan jalan tol seksi I ini direncanakan selesai dalam kurun waktu 24 bulan, sehingga dapat beroperasi pada tahun 2017.

"Sementara kelanjutan proses pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi, baik Seksi I, II, dan III akan dilakukan tahapan pembebasan lahan dengan menggunakan undang-undang baru. Kegiatan ini akan dilaksanakan langsung oleh pemerintah yang rencananya akan diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun," imbuh Rully.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi akan dibangun sepanjang 54 km. Jalan tol yang direncanakan akan dibangun dengan masa konsesi selama 45 tahun ini akan melintasi dua kota, yaitu Bogor dan Sukabumi serta dua Kabupaten, yaitu Bogor dan Sukabumi.

Nantinya, Jalan tol Ciawi-Sukabumi dibangun secara bertahap per seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km, Seksi II Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km, dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links