View Single Post
Old 11th February 2015, 02:23 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Soal Logo Lima Ring KONI, Kemenpora Enggan Ambil Risiko


Metrotvnews.com, Jakarta: Kementrian Pemuda dan Olahraga menghimbau Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menanggalkan logo lima ring yang melekat pada lambang lembaga tersebut setelah Komite Olimpade Internasional melayangkan surat peringatan kepada Presiden Joko Widodo.

"Kami tidak mau ambil risiko hanya karena masalah lima ring ini, Asian Games, bahkan SEA Games nanti malah terhalang," kata Deputi V Kemenpora Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Selasa (10/2/2015).

Gatot menambahkan Kemenpora menanggapi masalah lima ring dengan serius. Pasalnya, kontingen Indonesia terancam tidak bisa mengikuti turnamen internasional bahkan terancam batal menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Selain itu, Gatot memaparkan KONI pada dasarnya mengakui bahwa logo lima ring tersebut hanya boleh digunakan oleh IOC dan anggotanya, yakni Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Saya menemukan di Pasal 6 Anggaran Dasar KONI disebutkan bahwa lima lingkaran terletak di atas sayap garuda yang terangkai berwarna biru, kuning, hitam, hijau, dan merah merupakan lambang dari IOC. Jadi sebetulnya KONI pun mengakui bahwa itu adalah properti IOC," kata Gatot menambahkan.

Olympic Charter pada Pasal 7 Ayat 1 dan 2 juga menyebutkan bahwa semua properti yang terkait dengan simbol, logo dan item sepenuhnya menjadi hak IOC.

Atas dasar ketentuan tersebut, Kemenpora berharap bukti di atas dapat memudahkan negosiasi dengan KONI.
sumber http://olahraga.metrotvnews.com/read...n-ambil-risiko
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links