View Single Post
Old 12th February 2015, 07:52 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Berapa banyak air yang harus diminum saat olahraga?


Merdeka.com - Minum banyak air setelah berolahraga tentunya sudah menjadi insting bagi semua orang. Namun yang penting tak hanya minum setelah berolahraga, tetapi juga sebelum dan saat berolahraga. Kurang cairan saat berolahraga bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, lelah kram, dan lainnya.

Dengan semakin banyaknya cairan yang diminum, tubuh akan semakin bertenaga dan berstamina untuk berolahraga. Lantas, berapa banyak air yang harus diminum saat olahraga? Ini jawabannya, seperti dilansir oleh Pop Sugar (07/02).

Sebelum olahraga:
Minum sekitar setengah liter air saat satu atau dua jam sebelum olahraga. Minum lagi sekitar 0,2 liter 15 menit sebelum olahraga.

Saat olahraga:
Minum sekitar 177 ml air setiap 15 menit sekali saat berolahraga. Jika Anda berolahraga dalam waktu yang lebih lama dan dalam cuaca yang panas, Anda bisa mengonsumsi sport drink atau minuman yang banyak mengandung elektrolit.

Setelah olahraga:
Timbang berat badan sebelum dan setelah olahraga. Untuk setiap pon (0,5 kilogram) penurunan berat badan, Anda harus minum sekitar setengah liter air mineral atau sport drink.

Jangan sampai kekurangan cairan atau kelebihan cairan saat berolahraga. Kelebihan cairan juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Cara lain untuk mengecek apakah Anda masih kekurangan cairan atau kelebihan cairan adalah dengan melihat urine setelah berolahraga. urine yang berwarna gelap dan pekat menandakan kurang minum. Sementara urine yang terlalu jernih menandakan Anda kelebihan konsumsi air
sumber http://www.merdeka.com/sehat/berapa-...-olahraga.html
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links