View Single Post
Old 12th February 2015, 01:04 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 12 Feb 2015
Userid: 3249
Location: Jakarta - Jogja
Posts: 17
Real Name: Andri Santoso
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Thumbs up Gunungkidul - Hidden Paradise of Yogyakarta

Sebelum membuat thread ini kebetulan baca - baca dulu thread yang sudah ada. Dan karena belum ada yang membahas secara spesifik mengenai Daerah Selatan Yogyakarta ini, mungkin ada bagusnya ane sedikit share mengenai lokasi kampung halaman ane ini. Maap bukan promosi hanya ingin mengenalkan bagaimana potensi wisata disini yang mungkin cocok bagi para traveller atau mungkin para backpacker.

GUNUNGKIDUL
Nama sebuah kabupaten dengan slogannya "HANDAYANI" yang terletak di selatan Yogyakarta dan masih dalam Kesultanan Ngayogyakarta, terdiri dari 18 Kecamatan yang tersebar dari ujung timur sampai ujung barat sebelah selatan Provinsi DIY ini.

Kebanyakan orang salah menyebut GUNUNGKIDUL dengan GUNUNG KIDUL. itu dikarenakan menyamakan GUNUNGKIDUL sebagai sebuah Gunung yang bernama Kidul..

Mungkin banyak juga orang lebih mengenal Gunungkidul sebagai daerah yang "Larang Banyu" atau "Mahal Air" itu memang dikarenakan daerah perbukitan yang terdiri dari batu kapur yang sulit menampung air hujan. Ditambah lagi beberapa titik yang memang sulit kedapatan air.

Namun itu semua terbayarkan apabila Bro/Sist penghobi jalan - jalan, singgah ke obyek wisata disini. Berikut sedikit ulasan ane mengenai obyek wisata GUNUNGKIDUL

Pantai

Berbicara pantai, pasti yang terbayang dalam benak traveller maupun backpacker adalah KUTA di Bali, RAJAAMPAT di Makassar. Hei hei hello, Yogyakarta Juga punya pantai lho, letaknya ya di Gunungkidul.

Lho di gunung ada pantai ?? yaps .. ITULAH mengapa ada semboyan YOGYAKARTA ISTIMEWA, dengan salah satu keistimewaannya yaitu Pantai di Selatan Yogyakarta.

Sebagian besar mungkin sudah tidak asing lagi, Pulang Sawal atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, Pantai Baron. Tercatat ada lebih dari 60 obyek wisata pantai yang tersebar di sepanjang pesisir Gunungkidul ini, beberapa di antaranya sudah menjadi obyek wisata resmi, seperti Indrayanti yang terkenal atau dikenal dengan sebutan Bali Beach of Yogyakarta. Pasir putihnya dengan ombak yang walau tidak terlalu besar seperti di Bali, namun mampu membawa suasana yang hampir bisa disamakan dengan obyek wisata di Pulau Dewata tersebut.

Ingin Snorkling ? tidak perlu merogoh kocek dalam sampai ke RAJAAMPAT, Pantai Sadranan menyediakan SPOT untuk para snorkler baik pemula maupun yang sudah sering menyelam. Walaupun spotnya belum menyamai RAJAAMPAT, ataupun Taman Bunaken, namun dapat mengobati keinginan para snorkler untuk dapat ber snorkling ria di pantai ini.

Masih banyak pantai - pantai indah lainnya di pesisir Gunungkidul ini. So tunggu apalagi, Packing your bag and go to GUNUNGKIDUL. Beach on the Mountain ? Why Not ..

duh capek juga ngetiknya. Nanti dilanjutkan dengan obyek wisata lainnya.

Masih ada obyek wisata petualangan (Goa Pindul, Jomblang, Kalisuci) obyek wisata sejarah, Obyek Wisata Religi, dan lain - lain.

Sumber : Ketikan sendiri

Saint715

Last edited by ibhe; 25th February 2015 at 11:50 AM..
Likes:(1)
ibhe is offline   Reply With Quote
Sponsored Links