View Single Post
Old 12th February 2015, 07:09 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default PLN Ajukan PMN Rp5 Triliun untuk Perkuat Ekuitas

PLN Ajukan PMN Rp5 Triliun untuk Perkuat Ekuitas
http://ekbis.sindonews.com/read/9636...tas-1423734585

Quote:
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp5 triliun untuk memperkuat ekuitas dalam permodalan.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, perseroan pada tahun ini menginvestasikan dana Rp62 triliun untuk membangun pembangkit dan transmisi. Namun, PLN masih kekurangan dana sekitar Rp15,5 triliun dari total investasi Rp62 triliun.

"Investasi ini dialokasikan untuk pembangkit 10.000 megawatt (mw) dan transmisi. Sumber dana Rp62 triliun ini dari luar, dan kalau dari pinjaman luar maka modal PLN harus kuat," kata Sofyan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Alasan PLN membutuhkan PMN Rp5 triliun lantaran perusahaan sudah mendapatkan modal dari laba dan amortisasi untuk kebutuhan dana Rp62 triliun tersebut.

"Namun masih kurang Rp15,5 triliun. Nah, Rp15,5 triliun ini juga kita penuhi dari pinjaman JICA (Japan International Cooperation Agency) dan lain-lain. Namun, paling tidak kita sudah terobati oleh Rp5 triliun ini dan kita sudah bersyukur sekali," ungkap Sofyan.

Sofyan berharap agar seteroan deviden ke pemerintah dikurungi, sehingga modal perusahaan semakin kuat untuk menjalankan program-program yang sudah dicanangkan.

Dijelaskan Sofyan, dengan modal yang kuat secara otomatis rasio utang perusahaan berkurang, sehingga kemampuan untuk mendapatkan pinjaman lebih besar.

"Memang waktu kita dapat PMN, DER (debt to equity ratio) turun dari sekitar 218% menjadi 203%. Kita berharap tahun depan DER turun, walau tahun depan kita pinjam lagi. Mudah-mudahan laba tahun ini plus laba tahun depan mendukung modal lebih kuat lagi," ujarnya.

Sofyan mengutarakan, dari proyek 10.000 mw tersebut, PLN mengerjakan 2.000 mw setiap tahunnya. Selain itu, PLN juga punya proyek pembangunan pembangkit 7.000 mw yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

"Untuk proyek 7.000 mw ini sudah ada uangnya selain ekuitas, ada plafon dari bank dunia, JICA. Mudah-mudahan bisa diselesaikan," paparnya.

Direktur Keuangan PLN Murtaqi Syamsuddin menambahkan, dengan adanya PMN membuat kinerja keuangan tidak meningkat signifikan. Pasalnya, setiap penambahan PMN Rp1 triliun akan memberikan dampak penurunan 1,8% terhadap rasio utang terhadap modal.

"DER kita lebih baik menjadi 202%, ROA sebesar 2,47%, serta rasio utang terhadap aset sekitar 54%," pungkas Murtaqi.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links