View Single Post
Old 13th February 2015, 06:02 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Tangani Banjir, Pemerintah Anggarkan Rp6 T

Tangani Banjir, Pemerintah Anggarkan Rp6 T
http://economy.okezone.com/read/2015...nggarkan-rp6-t

Quote:
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran penanggulangan banjir sekira Rp6 triliun dari APBN 2015. Anggaran ini terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.
"Anggaran banjir tiap tahun rata-rata antara 30-35 persen dari DIPA Direktorat Sumber Daya Air (SDA). Kalau dari tahun ini dari yang Rp22 triliun (anggaran Ditjen SDA dalam APBN 2015), Rp6 triliun untuk banjir," tutur Direktur Jenderal SDA Mudjiadi di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Sedangkan, untuk wilayah Jabodetabek, Kementerian PUPR telah menganggarkan sebesar Rp1,2 triliun. Angka tersebut lantaran Jabodetabek merupakan ibukota negara. "Jadi harus banyak perbaikan. Kalau anggaran itu ada yang dari APBN, dan juga pinjaman JAICA. Di Padang, Surabaya itu dari JAICA," jelas dia.

Mudjiadi menjelaskan, alokasi tersebut masih relatif kecil bila dibandingkan dengan anggaran total pembangunan infrastruktur yang berada di negara-negara lain. "Misalnya di Jepang 1-1,5 persen dari GDP, kita hanya 0,3 persen. Korea sudah 0,7 persen," ungkapnya.


Advertisement

Menambahkan, Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR Imam Santoso menjelaskan, telah memetakan beberapa fokus penanganan banjir. Pasalnya, selain di wilayah Jabodetabek, upaya penanganan banjir juga di fokuskan di kawasan Bale endah, Bandung, Jawa barat melalui cara pembuatan sodetan sepanjang 77 km, tanggul 3 km, serang tanggul 11 km.

"Di Sungai Lamong, Gresik akan lakukan peninggian tanggul, yang eksisting sungai 5-10 m dan akan ditambahkan sampai 20 m tapi terkendala pembebasan tanah. Di Sungai Siak, Riau banjir karena topografi rendah," jelasnya.

"Kita adakan pompa tiga unit untuk memompa air. Di Langkat pada waktu banjir 6,7 km akibat penurunan tanggul dan akan dilakukan normalisasi tanggul," pungkas dia.

(mrt)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links