View Single Post
Old 14th February 2015, 10:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bagaimana Cara Investasi Reksadana di Pelosok Desa?

Quote:
Pertanyaan :
Saya ingin investasi reksadana, caranya bagaimana ya? Sebab saya tinggal di desa, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Zarkony

Jawab :

Dear Mas Zarkony,

Untuk memulai berinvestasi di produk reksadana tidaklah sulit. Pertama yang harus Anda miliki sebelum membeli reksadana adalah kartu identitas alias KTP (punya dong) serta nomor NPWP pribadi. Belum punya NPWP? Datang saja ke kantor pajak terdekat untuk membuatnya. Gratis kok.

Berikutnya adalah pilih reksadana yang ingin Anda miliki. Di Indonesia saat ini terdapat cukup banyak perusahaan asset management yang tiap – tiap perusahaan tersebut memiliki beberapa macam produk reksadana. Saat ini beberapa bank nasional maupun asing telah bertindak sebagai agen penjual dan menjadi ‘supermarket reksdana’, yang menjual produk reksadana secara ritel.

Bila memungkinkan, Anda bisa berkunjung ke cabang bank tersebut yang berada di dekat domisili Anda. Di situ Anda akan diberikan daftar produk reksadana yang dijual melalui bank tersebut, sekaligus berdiskusi tentang spesifikasi produk yang ditawarkan. Bila tidak memungkinkan, Anda bisa membeli reksadana secara online.

Bila Anda memilih untuk membelinya secara online, kunjungi saja situs perusahaan aset manajemen yang ingin Anda beli produknya. Unduh form pembelian yang tersedia, setelah di-print dan diisi kirim balik form tersebut ke alamat yang disediakan, serta melampirkan fotokopi KTP serta NPWP Anda, dan tentu saja bukti pembayaran pembelian unit dari produk tersebut.

Selang beberapa hari Anda akan dikirimkan bukti pembelian dan kepesertaan Anda pada produk reksadana mereka. Untuk pembelian reksadana yang dijual melalui bank, minimal penyetoran biasanya adalah sebesar seratus ribu rupiah. Sedangkan bila kita membelinya langsung ke perusahaan asset manajemen tersebut, biasanya minimal dana yang disetorkan adalah sebesar Rp250 ribu. Besaran dana minimal tersebut juga berlaku untuk penyetoran-penyetoran dana berikutnya.

Semoga bermanfaat.



Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links