View Single Post
Old 15th February 2015, 09:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Post Anda Boros? Segera Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Quote:
JAKARTA Uang bisa terkuras, jika tidak dikelola dengan baik. Untuk itu perlu dibedakan antara kebutuhan dan keinginan. Keduanya memang beda tipis, namun jika tidak dikendalikan jangan heran jika kantong sangat cepat kosong.

Rencana belanja dapat mudah untuk diikuti jika itu benar-benar dirancang sehingga Anda mengeluarkan uang untuk kebutuhan hidup, seperti makan sehari-hari, membayar kewajiban cicilan, ongkos transportasi. Namun, akan menjadi berbeda jika Anda menghabiskan uang untuk makan di cafe saat hang out bersama teman, atau berbelanja aksesoris penampilan, aksesoris mobil, atau membeli barang lainnya yang tidak direncanakan.

Menghindari kebiasaan mengeluarkan uang dengan boros, berikut ini beberapa hal penting yang perlu diketahui, seperti dilansir dari artikel A Values Based Spending Plan A Spending Plan That Works, Minggu (15/2/2015)

Analisa pengeluaran

Uang Anda akan menjadi sangat maksimal jika digunakan untuk mendukung hal-hal yang paling penting bagi Anda. Caranya dengan membuat rencana pengeluaran yang akan memungkinkan Anda agar bisa menggunakan uang dengan bijak. Jika Anda memiliki banyak kebutuhan, buatlah skala prioritas. Anda bisa saja memiliki semua yang Anda inginkan tetapi tidak bisa memiliki semuanya sekaligus.

Yang perlu Anda ingat adalah tidak semua hal yang menurut Anda penting dapat membahagiakan Anda. Sesuatu yang mahal belum tentu akan membuat Anda bahagia. Selama seumur hidup, Anda dapat memiliki mobil mewah, atau apapun yang Anda inginkan. Namun, dapatkah hal tersebut membuat Anda bahagia?

Gali keinginan dan mimpi

Bila Anda berbelanja berdasarkan prestise demi memuaskan rasa gengsi, seperti sepatu dan tas bermerek, atau membeli mobil tanpa memperhitungkan keberlangsungan selanjutnya, mungkin itu sangat mudah dilakukan. Namun, Anda perlu memikirkan lebih dalam bagaimana cara Anda dapat mewujudkan mimpi yang menjadi impian Anda sebenarnya dengan perhitungan yang matang.

Jangan sampai setelah membeli barang mahal, namun keputusan itu menguras uang bulanan Anda. Carilah dana lebih. Jika Anda sulit untuk memutuskan, sebaiknya jangan mengambil keputusan secara tergesa-gesa.

Membuat rencana untuk 10 tahun ke depan

Jika Anda bersedia melihat kehidupan sebagai sebuah tahapan, Anda mungkin menemukan bahwa Anda menghadapi dunia pilihan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Mulailah melakukan penghematan selama satu tahun penuh. Atau simpan uang untuk membeli rumah atau mobil impian.

Ingatlah bahwa jika Anda bersedia melakukan yang tidak orang lain lakukan untuk 10 tahun ke depan, maka Anda akan dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan orang lain pada sisa hidup Anda. Hal itu juga berlaku pada implementasi belanja bulanan Anda.

Membuat pilihan tentang pengeluaran Anda

Jika Anda merasa pengeluaran tidak jelas ke mana dan uang sudah terlanjur habis, cobalah sisakan waktu untuk mengevaluasi kebiasaan dan daftar belanja. Jangan biarkan kebiasaan pengeluaran Anda menguras dompet. Kendalikan keinginan, sebaliknya buatlah pilihan yang prioritas dan disiplin pada anggaran yang telah dibuat.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links