View Single Post
Old 15th February 2015, 09:52 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Petani Dikasih Bunga Kredit Wajar Supaya Indonesia Bebas dari Impor

Petani Dikasih Bunga Kredit Wajar Supaya Indonesia Bebas dari Impor
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...bas-dari-impor

Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong adanya penyusunan terkait inovasi pembiayaan usaha agribisnis untuk komoditas strategis, seperti pada dan sapi potong.
Usulan tersebut dengan melihat masih rendahnya produktivitas dan tingginya impor pangan.
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis dan Pangan, Franky O. Widjaja mengatakan, saat ini Kadin sedang mengupayakan agar para petani mendapatkan akses finasial melalui pengelompokan luasan dan populasi tertentu, guna layak diberikan kredit serta asuransi dari perbankan ataupun lembaga keuangan lainnya.
"Kami berharap para petani dapat menikmati bunga dan premi asuransi yang wajat serta dapat disubsidi oleh pemerintah, sehingga terjadi peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani Indonesia," kata Franky.
Adapun model-model pembiayaan usaha agribisnis, kata Franky, dapat diarahkan pada beberapa aspek. Seperti, model pembiayaan harus dapat memberikan insentif bagi pelaku usaha agrobisnis skala kecil menengah. Kemudian, prosedur pembiayaan harus mudah, cepat, administrasi sederhana dengan biaya transaksi yang wajar.
Lalu model berikutnya, pembiayaan harus mempertimbangkan dan mengakomodir karakteristik proses produksi dan produk usaha agribisnis. Selain itu, pembiayaan juga harus dapat menjamin resiko produksi dan resiko harga.
"Terobosan ini akan melepaskan Indonesia terhadap ketergantungan impor pangan dari negara lain yang cenderung meningkat setiap tahunnya," tutur Franky.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links