View Single Post
Old 16th February 2015, 09:34 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Lima Langkah Kemenperin Dorong Industri Kecil dan Menengah

Lima Langkah Kemenperin Dorong Industri Kecil dan Menengah
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...l-dan-menengah

Quote:
TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerapkan lima langkah dalam mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM), agar produk yang dihasilkan berdaya saing di pasar dalam maupun luar negeri.
Dirjen IKM Kemenperin Euis Saedah mengatakan, lahkah pertama yaitu dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manuasia (SDM), seperti memberikan bantuan pendidikan khusus dengan mensekolahkannya.
"Misalnya jurusan fasion, agar bisa menciptakan produk yang berdaya saing. Kebanyakan sekarang orang kurang menghargai sekolah kejuruan, karena lebih mengutamakan sekolah umum," ujar Euis, Yogyakarta, Senin (16/2/2015).
Langkah kedua yaitu pengadaan teknolgi yang memadai guna mendukung produksi para IKM. Bahkan, Kemenperin memiliki program merestrukturisasi mesin dan pelaku IKM dapat mengajukan permohonannya.
"Kemudian standar, berbagai standar harus dipenuhi. Kebanyakan IKM ini tumbuhnya dari kebutuhan, dan membuat berkembangnya tidak terstruktur," ucapnya.
Selanjutnya menjaga kekayaan intektual. Sebab, berkaca dari pengalaman banyak karya-karya IKM yang sudah berkualitas tapi dimanfaatkan oleh pemodal besar dan membuat IKM tersebut tidak dapat berkembang sendiri.
"Terakhir yaitu melakukan promosi, baik di dalam negeri dan luar negeri, anggarannya ini Rp 5 miliar," tutur Euis.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links