View Single Post
Old 16th February 2015, 09:36 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default 1035 Pengusaha Luar Negeri Tertarik Produk UKM Indonesia

1035 Pengusaha Luar Negeri Tertarik Produk UKM Indonesia
http://www.tribunnews.com/nasional/2...-ukm-indonesia

Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia semakin tahun menjadi incaran pengusaha luar negeri. Setidaknya ada 1035 pengusaha luar negeri dari 21 negara di kawasan Asia Pasifik kepincut.
Peluang ekonomi ini dijadikan kesempatan Kementerian Luar Negeri memfasilitasi pelaku UKM Indonesia. Sabtu (7/2/2015), bertempat di Kantor Wali Kota Depok, Kemenlu memberikan lembar informasi daftar permintaan kepada 100 lebih pengusaha UKM Indonesia yang diinginkan pasar luar negeri.
Dalam rilis yang diterima Tribun, Minggu (8/2/2015), Kemenlu menjembatani pengusaha luar negeir dengan pengusaha UKM Indonesia dengan menjabarkan produk-produk yang diminta di pasaran melalui kegiatan Desk Informasi Akses dan Peluang Bisnis.
Sebanyak 23 perwakilan RI baik dari Kedutaan Besar maupun Konsulat Jenderal di kawasan tersebut bekerja keras melakukan market intelligent. Hasilnya, papan list penuh dengan permintaan produk-produk unggulan UKM Indonesia.
"Kegiatan ini memberikan kesempatan emas bagi pengusaha UKM untuk berperan langsung dalam mendorong ekspor Indonesia," kata Sekretaris Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Sudirman Haseng.
Menurutnya, selama ini perwakilan Indonesia di luar negeri banyak mengirimkan informasi permintaan produk dan komoditi oleh pengusaha setempat. Hanya saja, kabar bagus itu belum banyak dimanfaatkan. Sebab banyak pengusaha UKM yang bingung untuk menindaklanjuti.
Kehadiran dari para pelaksana fungsi ekonomi dari perwakilan RI di kawasan Asia, Pasifik dan Afrika ini diyakini akan membantu mereka. Utamanya mendorong dan memfasilitasi pengusaha UKM untuk menindaklanjuti berbagai permintaan tersebut.
Ekspor utama Indonesia untuk kawasan Asia Pasifik dan Afrika di antaranya furniture, handicraft, CPO dan turunannya. Ada juga consumer goods, produk turunan minyak bumi, bahan kimia, garmen, serat benang, kendaraan bermotor dan hasil laut juga banyak peminat. Hanya saja, produk-produk tersebut masih banyak diekspor melalui negara ketiga, bukan dari Indonesia langsung.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links