View Single Post
Old 17th February 2015, 12:09 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default ESDM gandeng ahli internasional kembangkan teknologi sumur tua migas



Merdeka.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaplikasikan teknologi Carbon Capture and Storage (CCS) dalam Enhanced Oil Recovery (EOR) dengan melibatkan para pakar dari perwakilan institusi internasional. Adapun pakar-pakar tersebut mulai dari Kementerian ESDM, Global CCS Institute, Shell Upstream Indonesia, Asean Forum Coal, CSIRO, UK Policy for CCS.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan CCS merupakan teknologi mitigasi perubahan iklim di mana mampu mereduksi emisi karbondioksida atau CO2 dari pembakaran bahan fosil berskala besar secara signifikan.

"Teknologi ini merupakan rangkaian kegiatan mulai dari menangkap (capture) CO2 dari sumber CO2 seperti fasilitas pengolahan gas alam dan pembangkit listrik, kemudian mentransportasikannya ke lokasi penyimpanan (storage) pada formasi geologi yang sesuai," ujarnya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (17/2).

Menurut dia, aplikasi teknologi ini juga merupakan strategi yang sesuai dengan karakteristik formasi geologi di Indonesia. Banyak sumur migas tua yang dapat dimanfaatkan kembali dengan teknologi CO2-EOR.

"Metode ini berbiaya rendah, di mana sumber dayanya disuplai dari pengolahan gas alam, sementara depleted reservoir migas menjadi tempat penyimpanan," jelas dia.

Lebih lanjut, kesediaan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan insentif bagi operator migas yang mengaktifkan kembali sumur tua akan mendorong operator terlibat aktif mengembangkan teknologi CCS, khususnya di subsektor migas.

http://www.merdeka.com/uang/esdm-gan...tua-migas.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links