View Single Post
Old 17th February 2015, 12:12 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Booming batu akik, pedagang di JGC raup Rp 200 juta sebulan



Merdeka.com - Semakin banyaknya peminat batu akik, membuat penghasilan (omzet) pedagang batu akik di Jakarta Gems Center (JGC) naik hingga 400%. Tingginya omzet pedagang batu akik yang menggiurkan membuat pedagang batu akik semakin menjamur. Tidak hanya di gedung JGC, pedagang batu akik pun menjalar hingga sekitar pasar Jatinegara.

Ketua Harian Asosiasi Pedagang Batu Mulia JGC, Tobikin mengatakan jumlah pedagang yang membuka lapak batu akik semakin banyak di sekitaran Jatinegara. Kondisi JGC kini tidak seperti 2 tahun lalu. Pusat penjualan batu mulia ini semakin ramai pengunjung.

"2 tahun belakangan ini batu akik memang sedang booming. Peminatnya makin banyak, pedagang pun bertambah. Di luar JGC saja sekarang sudah lebih dari seratus pedagang," kata Toto, panggilan akrab Tobikin, Senin (16/2).

Toto menambahkan, boomingnya batu akik menyebabkan omzet pedagang meningkat hingga 400%. Toto sendiri sebagai pengrajin dan penjual batu akik, turut merasakan kenaikan omzet yang signifikan dari bisnis batu akik.

"Dulu paling omzet hanya bisa sampai Rp 5 juta sehari. Sekarang bisa Rp 20 (juta) sampai Rp 30 (juta) sehari. Sebulan bisalah sampai Rp 100 juta, Rp 200 juta," tambahnya.

Bahkan, Toto juga mengatakan batu akik olahannya bisa laku hingga lebih dari Rp 100 juta dalam sehari. Batu-batu akik yang dijual Toto memang memiliki kualitas bagus. Bahan batu akik jenis bacan seberat 5 kg pernah dilepas ke penjual dengan harga Rp 500 juta.

Pedagang batu akik lain mengaku telah jualan di JGC selama puluhan tahun, menyatakan hal yang sama. Omzetnya memang tak sebesar yang didapatkan di tempat Toto. Hal itu lantaran kiosnya memang kecil dan hanya menjual batu akik murah. Tapi omzet yang dia dapatkan saat ini bertambah hingga 4 kali lipat.

"Pembeli memang makin banyak. Sekarang minimal bisa dapat 5 juta. Kalau hari minggu lebih ramai bisa sampai 30 jutaan," katanya.

Ada lagi Sandy Sadewo yang mengaku pemain baru di bisnis batu akik. Kiosnya jauh lebih kecil lagi dari kios yang dimiliki Toto. Dia hanya menumpang di kios temannya di JGC. Omzet yang dia dapat sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1 juta sehari. Omzet sebesar itu termasuk besar untuk pemain baru. Dari hasil menjual batu akik, Sandy mampu menghidupi istri dan 6 anak-anaknya.

"Saya jualan baru kurang dari dua tahun. Tapi lebih lumayan daripada ikut shooting dan main teater. Saya juga sudah bisa beli dua motor dari jualan batu," ungkap Sandy yang mengaku sering jadi pemain figuran dalam film dan sinetron.

http://www.merdeka.com/peristiwa/boo...tu-akik-3.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links