View Single Post
Old 19th February 2015, 08:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default BI Rate Turun, Bunga Penjaminan Simpanan LPS Tetap

Quote:
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melakukan evaluasi tingkat bunga penjamin simpanan dalam Rupiah dan valas di bank umum serta simpanan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Dilansir dari keterangan tertulis LPS, Rabu (18/2/2015), tingkat bunga penjaminan untuk periode 15 Januari 2015 sampai dengan 14 Mei 2015 tidak mengalami perubahan. Dengan demikian, suku bunga yang berlaku dalam Rupiah di bank umum menjadi 7,75 persen dan di BPR menjadi 10,25 persen, dan suku bunga Valas di bank umum tetap 1,50 persen.

"Tingkat bunga penjaminan simpanan tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa likuiditas perbankan dinilai masih relatif longgar disebabkan pertumbuhan kredit yang melambat dan saat ini telah sejalan dengan pertumbuhan DPK. Stabilitas perekonomian yang ditinjau dari suku bunga antar bank, inflasi, dan nilai tukar juga menunjukkan kondisi yang membaik," kata Sekretaris LPS Samsu Adi Nugroho.

Sesuai ketentuan LPS, apabila suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi Tingkat Bunga Penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah dimaksud menjadi tidak dijamin. Berkenaan dengan hal tersebut, bank diharuskan untuk memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai Tingkat Bunga Penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan.

Sementara itu, untuk melindungi nasabah dan memperluas cakupan tingkat bunga penjaminan, LPS menghimbau agar perbankan memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam rangka penghimpunan dana. LPS menyarankan, agar perbankan juga memantau arah pengelolaan likuiditas perekonomian oleh Bank Indonesia serta ketentuan pengaturan dan pengawasan perbankan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuannya atau BI rate 25 bps di level 7,5 persen. Penurunan suku bunga ini dilakukan BI bahwa pengendalian inflasi untuk terjaga rendah dan stabil cukup mengarah di bawah 4 persen dan ini adalah satu kondisi yang akan terus dijaga dengan adanya upaya pemerintah dan pemerintah daerah.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links