View Single Post
Old 19th February 2015, 10:02 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default TNI Prioritaskan Kogabwilhan Wilayah Barat


Jakarta - Rencana pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) sebagai bagian dari penataan organisasi TNI mulai ada perkembangan. Untuk rencana awal, TNI terlebih dahulu memprioritaskan pembangunan Kogabwilhan di wilayah Indonesia bagian barat sebagai upaya pengamanan kawasan Laut Cina Selatan.

Pembentukan Kogabwilhan ini mulai dihembuskan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di bawah Kementerian Pertahanan. Namun Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku telah melaporkan mengenai rencana pembangunan Kogabwilhan ini kepada Presiden Joko Widodo dan sedang menunggu persetujuannya.

“Kami sudah laporkan kepada presiden dan sudah diterima oleh sekretaris negara, sekarang sedang dipelajari dan dipertimbangkan kapan akan dirilis. Kita tinggal menunggu dari pemerintah,” ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jaktim, Rabu (18/2/2015).

Panglima TNI pun sedikit membeberkan rencana mengenai pembangunan Kogabwilhan yang mengintegrasikan 3 kekuatan Matra TNI itu. Untuk lokasi pembangunan pertama, Kogabwilhan akan difokuskan di wilayah Indonesia sebelah barat.

“Untuk pertama sementara di kawasan Sumatera dan Kalimantan. Kenapa demikian? Karena kita memiliki yang ke depan bisa kita proyeksikan sebagai force poin di kawasan Laut Cina Selatan sehingga task force atau dalam bentuk Kogabwilhan itu sangat diperlukan untuk mengantisipasi itu,” kata Jenderal Moeldoko.

Unsur komando gabungan merupakan hal yang disiapkan dalam pembangunan Kogabwilhan. Mulai dari panglima, jajaran stafnya, kemudian menyusul unsur-unsur satuan pelaksananya yakni Kodam, Komando Operasi (Koops) AU, dan di Armada yang merupakan bentuk penjabaran dari konsep Kogabwilhan itu sendiri. Rencananya penggabungan 3 angkatan TNI tersebut berada dalam 3 komando wilayah gabungan yaitu barat, tengah, dan timur.

“Kogabwilhan itu unsur komandonya yang disiapkan, unsur komando gabungannya. Panglima beserta seluruh jajaran stafnnya. Kalau unsur-unsur satuan pelaksanaannya ada di Kodam, Koops AU dan ada di Armada. Perkembangan ke depan akan menambah dan Koops AU dan juga penambahan satu divisi Kostrad. Jadi nanti akan selaras ke depannya,” jelas mantan Pangdam Siliwangi itu.(Detik.com).
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links