View Single Post
Old 19th February 2015, 01:46 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Skema Pembangunan Trans Sumatera Mulai Disiapkan

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono menyebutkan, akan ada beberapa hal yang dilakukan di 2015 untuk pengerjaan proyek Tol Trans Sumatera. Salah satunya menjalankan proyek tereintegrasi yang diarahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Itu akan diperlebar. Itu saya kira desain dari kami, yang dari Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api-Api itu," kata Basuki di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Basuki menambahkan, selain itu akan ada pengerjaan lain yakni memodernisasi pelabuhan Merak-Bakauheni yang akan dijalankan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Sekarang ini kan ada lima dermaga, enam dermaga yang sedang dalam konstruksi, yang di Merak dengan menggunakan Pulau Merak yang di depannya, karena yang di sini sudah tidak mungkin. Di Bakauheni juga tambah empat lagi jadi 10-10," imbuhnya.

Selain hanya modernisasi dermaga di Merak-Bakauheni, Basuki mengungkapkan modernisasi ini termasuk armada kapal yang sebelumnya hanya 50-60 mobil per angkut akan menjadi 80-150 mobil per angkut. "Kita juga akan melebarkan dari pintu tol Merak ke pelabuhan jadi empat lajur. Itu sudah ada di DIPA kita, tapi itu bukan tol tapi," ungkap Basuki.

Menurutnya, proyek pengerjaan ini sudah ada di masterplan dari Merak-Bakauheni hingga Tanjung Api-api. "Semua masterplan saya pegang, siapa pun yang laksanakan masterplannya satu," jelas dia.

"Jadi dari tol Sumatera itu prioritasnya kita kerjakan itu dulu dengan arahan jalan tol, kereta api, dan energi transmisi listrik. Semua dibebaskan 100 meter," tukasnya.

Sebelumnya, Jokowi menginginkan agar proyek ini mempunyai lebar jalan tol hingga 100 meter yang tereintegrasi dengan jalur Kereta Api (KA) dan transmisi listrik.


http://economy.okezone.com/read/2015...ulai-disiapkan
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links