View Single Post
Old 20th February 2015, 08:33 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default RI Kembangkan Pakan Ikan dari Eceng Gondok

RI Kembangkan Pakan Ikan dari Eceng Gondok
http://economy.okezone.com/read/2015...i-eceng-gondok


Quote:
JAKARTA - Kementerian Perekonomian Koordinasi Bidang Maritim menyatakan, telah mendapatkan kabar gembira mengenai penanganan permasalahan pakan ikan. Pasalnya telah terdapat penemuan dari para ahli Indonesia, terkait pakan ikan yang berasal dari tumbuhan.

"Perkembangan masalah pakan, kalau kita mengenai pakan yang penting fish meal yang penting. Tetapi,berdasarkan penemuan ahli kita itu pakan ikan bisa didapatkan dari campuran antara dedak jagung dengan eceng gondok, di mana eceng gondok dan dedak jagung dihancurkan serta digiling di situ," tutur Menteri Perekonomian Koordinasi Bidang Maritim Indroyono Soesilo di Jakarta.

Indroyono berpendapat, penemuan tersebut merupakan upaya yang baik dalam membudidayakan pakan ikan dengan kemampuan lokal. "Ditemukan ahli kita dengan menemukan eceng gondok sebagai pengganti, magot atau larva serangga. Setelah magot tahun lalu duitnya mahal, melihat kemungkinan itu kita pake eceng gondok yang mungkin nantinya kalau dilihat bisa jadi mahal juga," ungkap dia.

Lebih lanjut Indroyono mengakui,bila dalam negeri masih membutuhkan sistem perikanan budi daya yang baik. Sehingga, pihaknya pun telah membahas dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kita masih membutuhkan beberapa item seperti site selection,benih ikan unggul,pakan.Selain itu, kalau di Kementerian Pertanian (Kementan) butuh obat hama kita juga butuh obat anti virus,teknologi maupun pemasaran," tandasnya.

(rzy)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links